PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD 1 MLATI KIDUL

HIDAYATUNNI’MAH, TETRI (2018) PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD 1 MLATI KIDUL. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (591kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (222kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (300kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (317kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (224kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (120kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (121kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan keterampilan guru, menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan kelas V SD 1 Mlati Kidul. Model pembelajaran Snowball Throwing merupakan kegiatan belajar yang akan diajarkan membuat pertanyaan sendiri ditulis dalam kertas dibentuk seperti bola salju untuk dilemparkan pada satu siswa dengan waktu 15 menit. Siswa yang mendapat bola salju tersebut akan diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas tersebut. Kegiatan pembelajaran melatih siswa menjadi lebih aktif, kreatif dan lebih menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan subjek kelas dengan penelitian 20 siswa yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini model pembelajaran Snowball Throwing dan media Audio Visual. Sedangkan variabel terikat adalah pembelajaran IPS terdiri dari keterampilan guru dan juga hasil belajar siswa. Teknik analisis data yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, tes, observasi dan dokumantasi. Instrument yang digunakan berupa lembar wawancara, soal evaluasi dan juga lembar observasi. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dengan menunjukkan keterampilan guru meningkat pada siklus I 81,67% sedangkan pada siklus II menjadi 89,19%. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif terjadi peningkatan dari siklus I 65% menjadi meningkat pada siklus II 85%. Ranah afektif meningkat pada siklus I menjadi 71,25% sedangkan siklus II menjadi 85,25%. Ranah psikomotor menjadi meningkat di siklus I dari 69,43% pada siklus II menjadi 81,78%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas V SD 1 Mlati Kidul dapat disimpulkan bahwa penerapan model Snowball Throwing dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor pada pelajaran IPS materi menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan. Saran yang dapat disampaikan dari peneliti sebaiknya guru menerapkan model pembelajaran sesuai dengan karateristik siswa agar dapat meningkatkan semangat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Audio Visual, Hasil Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 03:09
Last Modified: 04 Jan 2019 03:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9255

Actions (login required)

View Item View Item