PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD 2 MLATI KIDUL

KHOMALASARI, NOR (2018) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD 2 MLATI KIDUL. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (462kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (228kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (307kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (388kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (964kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (245kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (132kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (133kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD 2 Mlati Kidul untuk pembelajaran IPS materi menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan melalui model Student Teams-Achievement Divisions. Model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions dalam proses pembelajarannya dibuat menjadi berkelompok dengan anggota 4-5 siswa secara heterogen. Siswa menjawab kuis dan menjawabnya dengan memasangkan gambar pada papan gambar yang tersedia. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Mlati Kidul dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa sejumlah 25. Peneliti ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Student Teams-Achievement Divisions dan variabel terikat adalah pembelajaran yang terdiri dari keterampilan guru mengajar dan hasil belajar meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Metode pengumpulan data ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa data meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Hasil setelah dilaksanakan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions menunjukkan keterampilan guru meningkat dari 68,33% pada siklus I menjadi 79,58% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif terdapat peningkatan dari siklus I 60% meningkat di siklus II menjadi 84%. Ranah afektif meningkat dari siklus I ke siklus II dari 70,9% menjadi 84,2%. Ranah psikomotor juga meningkat dari 71,66% di siklus I menjadi 82,74% pada siklus II. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan di SD 2 Mlati Kidul dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor pada mata pelajaran IPS materi menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan di kelas V SD 2 Mlati Kidul. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya guru menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa agar dapat meningkatkan semangat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Student Teams-Achievement Divisions, Hasil Belajar IPS.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 03:05
Last Modified: 04 Jan 2019 03:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9259

Actions (login required)

View Item View Item