PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTU MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS V SD 3 TENGGELES KUDUS

ALFI RUFAIDAH, FITRI (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTU MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS V SD 3 TENGGELES KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (639kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
Bab 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
Bab VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model Think Talk Writeberbantu media diorama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD 3 Tenggeles Kudus. Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang sulit diterapkan dibandingkan dengan keterampilan berbahasa lainnya. Keterampilan menulis membutuhkan keahliandalam menyampaikan ide pokok seseorang. Menulis merupakan suatu proses berpikir yang menghasilkan ide atau gagasan yang dapat dituangkan dalam bentuk tulisan. Puisi merupakan karya sastra yang menggunakan kata-kata indah dan penuh makna dengan bentuk satu kesatuan yang indah. Think Talk Writemerupakan model pembelajaran yangmengajak siswa berpikir secara kritis, berdiskusi dan kemudian menuangkan hasil diskusi tersebut ke dalam bentuk tulisan. Media diorama merupakan media mini yang berbentuk tiga dimensi yang menyerupai betuk aslinya. Media ini digunakan untuk memudahkan siswa memahami materi pelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model Think Talk Write berbantu media diorama dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SD 3 Tenggeles Kudus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 3 Tenggeles Kudus dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian adalah model pembelajaran Think Talk Writeberbantu media diorama. Sedangkan variabel terikat adalah keterampilan menulis puisi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, tes kinerja, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan dalam menulis puisi menggunakan model Think Talk Write berbantu media diorama, ketuntasan klasikal pada prasiklus dengan persentase rata-rata sebesar 40% dengan kriteria kurang, setelah dilakukan penelitian pada kegiatan siklus I menjadi 68% dengan kriteria baik, dan meningkat pada siklus II mencapai persentase 88% dengan kriteria sangat baik. Ketuntasan keterampilan menulis puisi di dukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 64,68% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II dengan persentase rata-rata 78, 25% kriteria sangat baik. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan pada setiap siklusnya dengan hasil yang dicapai pada siklus I dengan persentase sebesar 82,5% menjadi 93,5% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas V SD 3 Tenggeles Kudus disimpulkan bahwa melalui model Think Talk Writeberbantu media diorama dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan dalam menulis puisi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd.,Kons
Kata Kunci: Keterampilan Menulis puisi, Think Talk Write, Media Diorama.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 04 Jan 2019 03:05
Last Modified: 04 Jan 2019 03:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9260

Actions (login required)

View Item View Item