UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN 04 BESITO MELALUI MODEL MAKE A MATCH

SETYA MELLY PRIHATINING FAJAR, ADE (2018) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN 04 BESITO MELALUI MODEL MAKE A MATCH. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (343kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (192kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (249kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (400kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (812kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (138kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (43kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (248kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, peningkatan aktivitas belajar dan berpikir kritis siswa pada pembelajaran materi tentang keragaman suku dan budaya di Indonesia setelah diterapkannya model Make A Match siswa kelas V SDN 04 Besito Kudus. Aktivitas belajar adalah segenap rangkaian atau aktivitas secara sadar yang dilakukan sesorang yang mengakibatkan perubahan dalam dirinya, berupa perubahan pengetahuan atau kemahiran, sedangkan berpikir kritis adalah suatu kegiatan melalui cara berpikir tentang ide atau gagasan yang berhubung dengan konsep yang diberikan atau masalah yang dipaparkan. Make A Match adalah salah satu pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok dan mencari pasangan, pembelajaran ini siswa diminta mencari pasangan dengan belajara yaitu dengan menggunakan kartu soal dan pasangannya membawa kartu jawaban tersebut. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model Make A Match pada tema 3 keragaman suku dan budaya di Indonesia dapat meningkatkan aktivitas belajar dan berpikir kritis siswa kelas V SDN 04 Besito Kudus. Penelitian tindakan kelas akan dilaksanakan di kelas V SDN 04 Besito dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Variabel bebas yaitu model pembelajaran Make A Match dan variabel terikat yaitu aktivitas belajar dan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan aktivitas belajar dan berpikir kritis siswa kelas V SDN 04 Besito Kudus pada materi tentang keragaman suku dan budaya di Indonesia yang cukup signifikan. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 53,5% dengan kualifikasi cukup dan siklus II sebesar 62,5% dengan kualifikasi baik. Sedangkan pada hasil dari berpikir kritis mengalami peningkatan yakni pada tes evaluasi akhir siklus I memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 50% dan pada tes evaluasi akhir siklus II memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 88,88%. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model Make A Match dapat meningkatkan aktivitas belajar dan berpikir kritis siswa dalam materi keragaman suku dan budaya di Indonesia pada kelas V SDN Besito Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Besito Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model Make A Match dapat meningkatkan aktivitas belajar dan berpikir kritis siswa dalam materi keragaman suku dan budaya di Indonesia pada siswa kelas V SDN 04 Besito Kudus, untuk itu disarankan bagi guru dalam menerapkan model pembelajaran Make A Match diperlukan adanya persiapan yang sangatlah matang dalam mengajar dan mengatur alokasi waktu dalam tahap pembelajaran sangatlah perlu diperhatikan, sehingga waktu dapat digunakan secara efisien dalam proses belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Berpikir Kritis, IPS, Model Pembelajaran Make A Match.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 03:05
Last Modified: 04 Jan 2019 03:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9261

Actions (login required)

View Item View Item