PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD 5 KANDANGMAS

DESYTASARI, ARINDA (2018) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD 5 KANDANGMAS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (405kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (154kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (287kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (396kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (132kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (111kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan Pemahaman konsep pada mata pelajaran IPS materi menghargai jasa dan peranan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan dengan cara menerapkan model pembelajaran make a match. Model Pembelajaran make a match adalah suatu model yang dapat memupuk kerjasama siswa dalam menjawab pertanyaan dengan mencocokkan kartu yang ada di tangan siswa, proses pembelajaran lebih menarik dan terlihat sebagian besar siswa lebih antusias mengikuti proses pembelajaran. Pemahaman konsep merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa dalam proses belajar. Make A match merupakan metode yang digunakan untu mengajak semua siswa untuk belajar sambil bermain. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model Make A Match berbantu media gambar untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pembelajaran IPS kelas V SD 5 Kandangmas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru dalam mengajar mengelola kelas pada pembelajaran IPS melalui model Make A Match pada siklus I memperoleh persentase 81,87% berada pada kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 86,25% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan hasil penelitian aktifitas elajar siswa Siklus I siswa memperoleh perolehan dengan persentase 74,99% sehingga masuk dalam kategori aktifitas belajar baik. Sedangkan pada siklus II hasil observasi aktifitas belajar siswa memperoleh persentase 80,48% sehingga masuk dalam kategori aktifitas belajar sangat baik. Dan hasil penelitian pemahaman konsep siswa Sikluus I mencapai rata – rata nilai sebesar 73,29 dengan persentase 73 Dengan kategori baik. Dengan rincian 12 orang siswa yang tuntas dengan persentase 63,15 dan 7 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase 36,84%, sedangkan siklus II perolehan hasil pemahaman konsep siswa diperoleh hasil 83,6 dengan persentase 84 dengan rincian 18 orang siswa yang tuntas dengan persentase 90% dan 2 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase 10%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Make A Match erbantu media gambar dapat meningkatkan pemahman konsep siswa kelas V SD 5 Kandangmas. Peneliti menyampaikan beerapa saran sebagai bberikut. 1) siswa dapat menggunakan media gamar untuk kegiatan pembelajaran IPS agar lebih mudah memahami materi pelajaran. 2) alokasi waktu pada setiap langkah pembelajaran Make A Match harus lebih diperhatikan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dra. Sumarwiyah, M,Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Make A Match, Media Gambar, Pemahaman Konsep.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 03:03
Last Modified: 04 Jan 2019 03:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9265

Actions (login required)

View Item View Item