PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DINEGERIKU MUATAN IPS DAN PKn SISWA KELAS IV SD N 1 SARI

RAHMAWATI, EKA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DINEGERIKU MUATAN IPS DAN PKn SISWA KELAS IV SD N 1 SARI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (596kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (226kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (433kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (514kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (266kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (198kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (380kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran, meningkatkan hasil belajar meliputi aspek sikap, pengetahuan, keterampilan siswa di kelas IV SD N 1 SARI dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Model pembelajaran Think Pair Share merupakan model pembelajaran yang memberi waktu siswa berpikir dan merespon serta saling bantu satu sama lain. Pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terdiri dari tiga tahapan. Tahap 1: pemberian tugas dan pengerjaan soal secara individu 2. Berdiskusi dengan pasangan, tahap 3: membagikan hasil diskusi. Kelebihan dari model pembelajaran Think Pair Share yaitu memberi siswa waktu untuk berfikir dan merespon serta saling bantu satu sama lain. Subjek penelitian berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki- laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku muatan IPS dan PKn siswa kelas IV SDN Sari 1.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Tema Indahnya keragaman di negeriku muatan IPS dan PKn melalui model pembelajaran Think Pair Share meningkat setiap siklusnya. Presentase keterampilan guru siklus I rata-rata 72,91% dengan kualifikasi baik. Siklus II hasil analisis penilaian keterampilan guru mengalami peningkatan dengan presentase 86,45% dengan kualifikasi sangat baik. Pada aspek sikap spiritual siswa siklus I ada 4 siswa dengan kategori cukup, 5 siswa dengan kategori sangat baik dan 23 siswa dengan kategori baik, aspek sikap sosial siklus I ada 6 siswa dengan kategori cukup, 4 siswa dengan kategori sangat baik dan 22 siswa dengan kategori baik. pada siklus II aspek sikap spiritual ada 2 siswa mendapat kategori cukup, 3 siswa dengan kategori sangat baik, dan 27 siswa dengan kategori sangat baik. aspek sikap sosial ada 3 siswa dengan kategori cukup, 7 siswa dengan kategori sangat baik, dan 22 siswa dengan kategori baik.Hasil belajar aspek pengetahuan siswa secara klasikal pada muatan IPS Prasiklus yaitu 59,37% dengan kualifikasi cukup. siklus I memperoleh presentase ketuntasan klasikal sebesar 81,25% dengan kriteria baik. Pada siklus II mendapatkan presentase 90,62% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan pada muatan PKnPrasiklus yaitu 53,12% dengan kualifikasi cukup. siklus I mendapatkan presentase 78,13% dengan kriteria baik. Pada siklus II mendapatkan presentase sebesar 87,50% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas IV SD N Sari 1 dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku muatan IPS dan PKn dapat meningkatkan keterampilan guru, aspek sikap siswa, aspek keterampilan siswa, dan aspek pengetahuan siswa. Peneliti menyarankan agar para guru mampu memberikan inovasi terkait model pembelajaran supaya siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Papan Tempel, Hasil Belajar, Indahnya Keragaman Di Negeriku.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 03:02
Last Modified: 04 Jan 2019 03:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9267

Actions (login required)

View Item View Item