PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA PICTORIAL RIDDLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJARPKn KELAS IV SD 2 TERBAN

PUTRI ALL SHIFA, DHITA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA PICTORIAL RIDDLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJARPKn KELAS IV SD 2 TERBAN. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (558kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (307kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (479kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (599kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (256kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (114kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar dan meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas IV SD 2 Terban dengan menerapkan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Pictorial Riddlepada mata pelajaran PKn materi Globalisasi. Model Pembelajaran Mind Mapping merupakan model yang dirancang oleh guru untuk membantu siswa dalam proses belajar, menyimpan informasi mengenai pelajaran yang diterima oleh siswa dan siswa menyusun materi kedalam bentuk petapikiran sehingga siswa lebih mudah memahaminya.Pictorial Riddle merupakan media berupa gambar untuk membantu siswa dalam meningkatkan cara berpikir dan meningkatkan daya ingat siswa selama materi berlangsung. Hasil belajar merupakan sebuah perubahan yang terjadi pada diri siswa baik pada aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Aktivitas belajar siswa merupakan segala sesuatu kegiatan yang dilakukan siswa ketika berinteraksi dengan hal belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD 2 Terban dengan subjek penelitian 26 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Mind Mapping, sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar PKn materi globalisasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar ranah kognitif dari siklus I sebesar 61,54% menjadi 92,31% pada siklus II. Hasil Observasi Keterampilan Guru siklus I mencapai 72,15% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II mencapai 86,9% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas Belajar siswa pada siklus I mencapai 70% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 83% dengan kriteria sangat baik. Hasil Belajar Ranah Afektif pada siklus I mencapai 71,15% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 77,59% dengan ktiteria baik. Hasil Belajar Ranah Psikomotorik siklus I mencapai 71,24% dengan kriteria baik dan meningkat menjadi 78,84% dengan kriteria baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas IV SD 2 Terban dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping berbantuan media pictorial riddle dapat meningkatkan hasil belajar PKn kelas IV SD 2 Terban. Saran pada penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat menarik perhatian siswa agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran PKn.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Santoso, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Mind Mapping,Media Pictorial Riddle,Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 02:59
Last Modified: 04 Jan 2019 02:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9269

Actions (login required)

View Item View Item