PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR SISWA KELAS V SDN REJOSARI 1 DEMAK

NOVI RAHMALIA, LAELI (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR SISWA KELAS V SDN REJOSARI 1 DEMAK. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (330kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (621kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (549kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (219kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (143kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (146kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (31MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS menggunakan model Make A Match berbantuan media kartu gambar materi proklamasi kemerdekaan Indonesia siswa kelas V SDN Rejosari 1 Demak. Hasil belajar merupakan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dimiliki siswa setelah memperoleh pengalaman belajarnya.Model Make A Match merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang diminta siswa untuk mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban atau pertanyaan materi tertentu dalam pembelajaran.Media kartu gambar merupakan media visualyang hanya dapat dilihat dengan menggunakan indra penglihatan. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar menggunakan model Make A Match berbantuan media kartu gambar dalam pembelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN Rejosari 1 Demak tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SDN Rejosari 1 Demak dengan subjek penelitian 19 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Make A Match berbantuan kartu gambar. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan yakni keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I 70,10% (baik), siklus II 88,05% (sangat baik) dan hasil belajar IPS pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia pada ranah kognitif prasiklus (47,37%), siklus I (63,16%), siklus II menjadi (84,21%) serta hasil belajar ranah afektif siklus I 65,14% (tinggi) menjadi 75,26% (tinggi) pada siklus II, hasil belajar ranah psikomotorik siklus I 65,90% (tinggi) menjadi 74,34% (tinggi) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Rejosari 1 Demak dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Make A Match berbantuan media kartu gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SDN Rejosari 1 Demak.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasilbelajar IPS, Make A Match,Kartu Gambar, ProklamasiKemerdekaan Indonesia
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 02:58
Last Modified: 04 Jan 2019 02:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9270

Actions (login required)

View Item View Item