NIKMAH, SYAIDATUN (2018) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS V SD N 5 KLALING JEKULO KUDUS. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (562kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (705kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (991kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (267kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan peningkatan keterampilan guru pada pembelajaran IPS meteri mempersiapkan kemerdekaan Indonesia yang akan diterapkannya model Think Pair Share berbantuan media Puzzlesiswa kelas V SD N 5 Klaling Jekulo Kudus. Hasil belajar adalah kemampuan keterampilan dan sikap yang dimiliki siswasaat menerima perlakuan dari guru sehingga dapat menerapkan kemampuan itu dalam kehidupan sehari-hari. Think Pair Share adalah model belajar yang mengajak siswa untuk berfikir sendiri memecahkan sebuah masalah yang selanjutnya didiskusikan dengan berpasangan, diharapkan mampu menumbuhkan keberanian siswa menyampaikan ide serta gagasan siswa dalam kelas. Hipotesis penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa mata pelajar IPS melalui model Think Pair Share berbantuan media Puzzle pada siswa kelas V SDN 5 Klaling Jekulo Kudus. Penelitian tindakan kelas akan dilaksanakan di kelas V SD N 5 Klaling Jekulo Kudus dengan subjek penelitian guru kelas V dan siswa kelas V yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas yaitu Model Think Pair Share berbantuan media Puzzle dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD N 5 Klaling Jekulo Kudus. Hasil belajar ranah kognitif siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 68,75% mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 84,37% dengan kategori sangat tinggi. Hasil belajar ranah afektif siklus I sebesar 58% dengan kategori sedang mengalami peningkatan pada siklus II dengan presentase keberhasilan 83,24% dengan kategori sangat tinggi. Hasil belajar ranah psikomotorik siklus I presentase keberhasilan 57,72% dengan kategori sedang dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 84,8% dengan kategori sangat tinggi.keterampilan guru mengelola pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 79,3% dengan kategori tinggi menjadi 97% pada siklus II dengan kategori sangat tinggi. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Think Pair Shareberbantuan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi menghargai jasa dan peran tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia pada kelas V SD N 5 Klaling Jekulo Kudus.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, IPS, Think Pair Share, Media Puzzle. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 01:47 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 01:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9272 |
Actions (login required)
View Item |