PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BAGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V DI SDN 01 MARGOREJO PATI

ROHMAD MAGHRIBI, LUQMAN (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BAGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V DI SDN 01 MARGOREJO PATI. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (291kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (290kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (284kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (227kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (131kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (208kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (19MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Teams Game Tournament pada mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi. Model Teams Game Tournament merupakan model pembelajaran yang melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya, dan mengandung unsur permainan dan reinforcement. Pembelajaran model Teams Game Tournament diharapkan mampu memberikan perbaikan dan peningkatan pembelajarannya. Pembelajaran PKn yang diharapkan adalah meningkatnya keterampilan guru, dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas V SD Margorejo 01, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati Jawa Tengah. Rancangan pelaksanaan pengamatan, yang akan dilakukan oleh peneliti terdiri dari 2 siklus. Untuk siklus pertama akan dilaksanakan 2 hari dan siklus ke-2 akan dilaksanakan selama 2 hari. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model Teams Game Tournament untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model teams games tournament berbantuan media bagan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 79,31% (Baik) menjadi 85,75% (Sangat Baik). Hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 61,53% (Cukup) naik menjadi 88,46%(Sangat Baik). Pada ranah afektif juga meningkat dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu 64,42% (Cukup) naik menjadi 80,67% (Baik). Pada ranah psikomotorik juga meningkat dilihat dari peningkatan siklus I ke siklus II yaitu 62,4% (Cukup) naik menjadi 81,73% (Baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD Negeri 01 Margorejo Pati dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran teams games tournament berbantuan media bagan dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi SD Negeri 01 Margorejo Pati. Saran dalam penelitian ini, guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat merangsang siswa agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran PKn.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Teams Game Tournament, Hasil Belajar PKn
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 01:48
Last Modified: 22 Mar 2019 01:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9275

Actions (login required)

View Item View Item