PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA VIDEO SCRIBE UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VSD 5 PUYOH DAWE KUDUS

SYAIFUDDIN ZUHRI, MUCHAMAD (2018) PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA VIDEO SCRIBE UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VSD 5 PUYOH DAWE KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (179kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (256kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (355kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (461kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (277kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (220kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (118kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media video scribe. (2) Menemukan peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media video scribe pada siswakelas V SD 5 Puyoh Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan perubahan tingkah laku yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dalam Ilmu Pengetahuan Sosial yang bertujuan sebagai mempersiap siswa menjadi warga negara yang baik. Numbered Head Together adalah model pembelajaran yang berkelompok dan bertanggung jawab dengan tugasnya serta saling bekerja sama.. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Proklamasi Kemerdekaan dengan berbantuan media video scribe pada siswa kelas V SD 5 Puyoh Dawe Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V semester genap di SD 5 Puyoh Dawe Kudus dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variable bebas adalah model Numbered Head Together berbantuan media video scribe. Sedangkan variable terikat adalah hasil belajar. Metode pengumpulen data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan dta kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar ranah kognitif dari siklus I sebesar 74,64% dan meningkat pada siklus II sebesar 85,52%, peningkatan ranah afektif pada siklus I sebesar 71,28% meningkat pada siklus II sebesar 82,10%, peningkatan pada ranah psikomotorik pada siklus I sebesar 66,90% meningkat pada siklus II sebesar 75,20%, dan peningkatan keterampilan guru pada siklus I sebesar 79,16% meningkat pada siklus II sebesar 93,55%. Hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media video scribe pada pelajaran IPS kelas V SD 5 Puyoh Dawe Kudus. Selanjutnya, peneliti memberikan saran kepada siswa agar lebih giat dalam belajar. Bagi guru media video scribe dapat digunakan dalam membantu untuk menyampaikan materi. Bagi sekolah hendaknya memfasilitasi sarana dan prasarana yang cukup untuk menunjang berlangsungnya proses pembelajaran yang lebih baik lagi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Video Scribe, Hasil Belajar Siswa, Proklamasi Kemerdekaan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 01:48
Last Modified: 22 Mar 2019 01:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9277

Actions (login required)

View Item View Item