INDRAWATI, LISA (2018) PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION MELALUI PERMAINAN SMART PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS V TEMA 1 SD 1 BAE KUDUS. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (347kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I PDF.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II PDF.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III PDF.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (515kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV PDF.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (841kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V PDF.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI PDF.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf - Accepted Version Download (192kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN CD.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan berpikir kreatif peserta didik dan peningkatan keterampilan mengajar guru melalui penerapan model pembelajaran direct instruction berbantuan media permainan smart puzzle pada tema 1 kelas V SD 1 Bae Kudus. Kemampuan berpikir kreatif merupakan pengajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menghasilkan sebuah ide atau gagasan yang baru. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model direct instruction berbantuan permainan smart puzzle pada peserta didik kelas V Tema 1 di SD 1 Bae dan keterampilan mengajar guru meningkat dalam penerapan model direct instruction berbantuan media permainan smart puzzle untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V Tema 1 di SD 1 Bae. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Bae dengan subjek penelitian 24 peserta didik. Penelitian ini direncanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini yaitu model direct instruction dan media permainan smart puzzle, sedangkan variabel terikatnya adalah berpikir kreatif. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan berpikir kreatif yang cukup signifikan antara siklus I (67.7%) dengan kriteria cukup, dan siklus II (78. 25%) dengan kriteria baik. Pengelolaan pembelajaran dengan model direct instruction juga mengalami peningkatan pada siklus I (76%) dengan kriteria baik, dan meningkat pada siklus II (86.95%) dengan kriteria sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model direct instruction berbantuan media permainan smart puzzle dapat meningkatkan berpikir kreatif pada peserta didik kelas V di SD 1 Bae. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 1 Bae dapat disimpulkan bahwa penerapan model direct instruction dapat meningkatkan berpikir kreatif pada peserta didik kelas V di SD 1 Bae. Untuk itu disarankan dalam penerapan model direct instruction, guru harus mengajak peserta didik untuk mengikuti pembelajaran secara langsung tahap demi tahap agar peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Direct Instrusction, Smart Puzzle, Berpikir Kreatif, Tema 1 |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 01:49 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 01:49 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9284 |
Actions (login required)
View Item |