MARGARETA, PRASENDA (2018) PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA BIANGLALA PELANGI UNTUK PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT UNDANGAN SISWA KELAS V SD 1 PASURUHAN LOR KUDUS. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (614kB) | Preview |
PDF (bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (591kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (62kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (79kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (124kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran Skripsi.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Group Investigation berbantuan media bianglala pelangi untuk menungkatkan keterampilan menulis surat undangan siswa kelas V SD 1 Pasuruhan Lor Kudus. Peningkatan keterampilan menulis surat undangan merupakan hasil yang dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Group Investigation adalah model pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa untuk membangkitkan semangat serta motivasi belajar siswa. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru, aktifitas belajar siswa dan keterampilan menulis surat undangan resmi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD 1 Pasuruhan Lor Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Subjek penelitian yaitu kelas V yang berjumlah 22 siswa. Penilitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri atas (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; dan (4) refleksi. Variabel bebas yakni penerapan model Group Investigation berbantuan media bianglala pelangi sedangkan variabel terikat yakni keterampilan menulis surat undangan resmi. Instrumen penelitian yakni observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian ini adalah peningkatan yang signifikan hasil keterampilan menulis siswa dengan persentase 40,90% pada prasiklus, 72,70% pada siklus I dan menjadi 90,90% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa dengan persentase rata-rata 72,44% (baik) pada siklus I, dan meningkat menjadi 82,66% (baik) pada siklus II. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran juga mengalami peningkatan dari persentase 69,44% (baik) pada siklus I, dan 86,11% (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis dengan diterapkannya model pembelajaran Group Investigation berbantuan media bianglala pelangi pada siswa kelas V SD 1 Pasuruhan Lor Kudus tahun pelajaran 2017/2018. Peneliti memberikan saran agar siswa selalu aktif dalam proses pembelajaran hendaknya guru lebih kreatif dalam menggunakan dan memanfaatkan model pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Group Investigation, Bianglala Pelangi, Keterampilan Menulis surat Undangan Resmi |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 01:53 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 01:53 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9285 |
Actions (login required)
View Item |