PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA BIANGLALA PELANGI UNTUK PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT UNDANGAN SISWA KELAS V SD 1 PASURUHAN LOR KUDUS

MARGARETA, PRASENDA (2018) PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA BIANGLALA PELANGI UNTUK PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT UNDANGAN SISWA KELAS V SD 1 PASURUHAN LOR KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (614kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (188kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (591kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (485kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (62kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (79kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (124kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Group Investigation berbantuan media bianglala pelangi untuk menungkatkan keterampilan menulis surat undangan siswa kelas V SD 1 Pasuruhan Lor Kudus. Peningkatan keterampilan menulis surat undangan merupakan hasil yang dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Group Investigation adalah model pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa untuk membangkitkan semangat serta motivasi belajar siswa. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru, aktifitas belajar siswa dan keterampilan menulis surat undangan resmi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD 1 Pasuruhan Lor Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Subjek penelitian yaitu kelas V yang berjumlah 22 siswa. Penilitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri atas (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; dan (4) refleksi. Variabel bebas yakni penerapan model Group Investigation berbantuan media bianglala pelangi sedangkan variabel terikat yakni keterampilan menulis surat undangan resmi. Instrumen penelitian yakni observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian ini adalah peningkatan yang signifikan hasil keterampilan menulis siswa dengan persentase 40,90% pada prasiklus, 72,70% pada siklus I dan menjadi 90,90% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa dengan persentase rata-rata 72,44% (baik) pada siklus I, dan meningkat menjadi 82,66% (baik) pada siklus II. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran juga mengalami peningkatan dari persentase 69,44% (baik) pada siklus I, dan 86,11% (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis dengan diterapkannya model pembelajaran Group Investigation berbantuan media bianglala pelangi pada siswa kelas V SD 1 Pasuruhan Lor Kudus tahun pelajaran 2017/2018. Peneliti memberikan saran agar siswa selalu aktif dalam proses pembelajaran hendaknya guru lebih kreatif dalam menggunakan dan memanfaatkan model pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Bianglala Pelangi, Keterampilan Menulis surat Undangan Resmi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 01:53
Last Modified: 22 Mar 2019 01:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9285

Actions (login required)

View Item View Item