PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS IV DI SDNDADIREJO 01

SEKAR NINGRUM, WINDI (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS IV DI SDNDADIREJO 01. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (562kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (350kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (380kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (698kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (259kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (164kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (218kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model make a match pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi. Hasil belajar merupakan perubahan dari tingkah laku setelah melalui proses belajar yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Model make a match merupakan model pembelajaran yang melibatkan aktivitas seluruh siswa dan melibatkan siswa untuk kerja sama dengan baik dalam menjawab pertanyaan dengan mencocokkan kartu yang dibagikan oleh guru, proses pembelajran yang sangant menarik dengan berbantuan media gambar dan antusias anak menjadi lebih semangat dalam mengikuti pemebelajaran. Pembelajaran model make a match diharapkan mampu memberikan perbaikan dan peningkatan pembelajarannya. Pembelajaran PKn yang diharapkan adalah meningkatnya keterampilan guru, aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN Dadirejo 01 dengan jumlah 18 siswa. Rancangan pelaksanaan pengamatan, yang akan dilakukan oleh peneliti terdiri dari 2 siklus. Untuk siklus pertama akan dilksanakan 2 hari dan siklus ke-2 akan dilaksanakan selama 2 hari. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model make a macth dan media gambar, variabel terikat adalah hasil belajar. Untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran yang mulanya prasiklus memperoleh persentase 58,3% meningkat pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 55 dengan persentase 76,31% kategori baik. Meningkat pada siklus II mendapatkan skor rata-rata 131 dengan persentase 86,18% kategori baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 569 dengan persentase 79,09% kategori baik meningkat pada siklus II mendapat skor rata-rata 605 dengan persentase 84,09% kategori baik. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif juga terjadi peningkatan pada siklus I memperoleh skor ketuntasan persentase 66,67% siklus II menjadi 88,89%. Pada ranah afektif juga terjadi peningkatan pada siklus I mendapat skor rata-rata 242 dengan persentase 67,21% kategori baik meningkat pada siklus II mendapat skor rata-rata 283 dengan persentase 78,61% kategori baik. Ranah psikomotorik juga terjadi peningkatan pada siklus I mendapat skor 232 dengan persentase 64,58% kategori cukup. meningkat pada siklus II mndapatkan skor rata-rata 281 dengan persentase 77,91% kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Dadirejo 01 dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi. Saran dalam penelitian ini, guru terlebih dahulu menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa agar dalam menjalankan pembelajaran siswa tidak merasa bosan dan semua siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran PKn.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dra.Sumarwiyah, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, make a match, media gambar,dan globalisasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 01:53
Last Modified: 22 Mar 2019 01:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9286

Actions (login required)

View Item View Item