PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD N 02 GETASSRABI

PUJI LESTARI, ERNA (2018) PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD N 02 GETASSRABI. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (476kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (237kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (300kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (747kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (246kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (139kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (212kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD N 02 Getassrabi dan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD N 02 Getassrabi dengan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media Puzzle. Model pembelajaran Snowball Throwing adalah model pembelajaran yang menggali potensi kepemimpinan siswa dalam kelompok dan melatih siswa untuk lebih tanggap dalam menerima pesan dari orang lain dan menyampaikan pesan tersebut kepada teman lainnya dalam satu kelompok. Pelaksanaanya dengan menyampaikan pesan yang dilakukan dengan menggunakan kertas berisi pertanyaan yang dibentuk menjadi sebuah bola kertas (bola salju) dan dilemparkan ke kelompok lain, sementara siswa yang mendapat bola kertas (bola salju) tersebut diharuskan untuk menjawab pertanyaan. Media Puzzle merupakan media pembelajaran yang berisi potongan-potongan gambar dimana potongan-potongan gambar tersebut akan disusun atau dirangkai sehingga menjadi bentuk gambar yang utuh. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku individu yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD N 02 Getassrabi dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Snowball Throwing dan media puzzle, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS siswa pada materi menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi). Instrument dalam penelitian ini berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 68% (tinggi), dan meningkat pada siklus II sebesar 84% (sangat tinggi). Hasil belajar ranah afektif siklus I memperoleh persentase rata-rata sebesar 71,7% (tinggi), dan meningkat pada siklus II sebesar 84,8% (sangat tinggi). Hasil belajar ranah psikomotor siklus I memperoleh persentase rata-rata sebesar 70,05% (tinggi), dan meningkat pada siklus II sebesar 81,2% (sangat tinggi). Peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh ketuntasan sebesar 80% (sangat tinggi), meningkat pada siklus II menjadi 91% (sangat tinggi). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Snowball Throwing berbantuan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 02 Getassrabi materi menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat, serta keterampilan mengajar guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Saran dalam penelitian ini hendaknya guru dapat menggunakan model pembelajaran yang efektif sehingga siswa dapat lebih aktif dan semangat dalam pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Puzzle, Hasil Belajar IPS, Keterampilan Mengajar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 01:56
Last Modified: 22 Mar 2019 01:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9290

Actions (login required)

View Item View Item