PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD 2 KALIPUTU

ALWIYANDA, ROSA (2018) PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD 2 KALIPUTU. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (468kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (242kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (465kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (480kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (242kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (115kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (226kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD 2 Kaliputu dan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 2 Kaliputu dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Togetherberbantu media komik. Model pembelajaran Numbered Head Together(NHT)adalah model diskusi kelompok dengan pemberian nomor pada tiap anggota dalam kelompok, yang terdiri dari fase 1: Penomoran, fase 2: mengajukan pertanyaan, fase 3: berpikir bersama, dan fase 4: menjawab. Komik dapat didefinisikan sebagai bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan menerapkan suatu cerita dalam urutan yang erat hubungannya dengan gambar dan dirancang untuk memberikan hiburan kepada para pembaca. Hasil belajar merupakan ukuran tingkat keberhasilan seseorang dalam mempelajari sesuatu yang terdiri dari 3 ranah, yaitu ranah kognitif, afektif, dan Psikomotor. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah terjadinya peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 2 Kaliputu dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together(NHT) berbantu media komik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek kelas IV SD 2 Kaliputu dengan subjek penelitian 20 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Together(NHT) dan media komik, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPS siswa pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya dan keterampilan mengajar guru. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, soal evaluasi, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran IPS pada siklus I sebesar 74,61% (Tinggi), meningkat menjadi 90,5% (Sangat Tinggi) pada siklus II. Hasil belajar ranah kognitif siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 60% (Tinggi), dan meningkat pada siklus II sebesar 85% (Sangat Tinggi). Hasil belajar ranah afektif siklus I memperoleh persentase rata-rata sebesar 79,37% (Tinggi), dan meningkat pada siklus II sebesar 84,43% (Sangat Tinggi). Hasil belajar ranah psikomotor siklus I memperoleh persentase rata-rata sebesar 71,62% (Tinggi) dan meningkat pada siklus II sebesar 80,75% (Sangat Tinggi). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together(NHT) berbantu media komik dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 2 Kaliputu materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya dan keterampilan mengajar guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Adapun saran yang diberikan yaitu siswa bisa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran serta model Numbered Head Together(NHT) dapat dijadikan alternatif solusi bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together, Komik, Keterampilan Mengajar, Hasil Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 01:56
Last Modified: 22 Mar 2019 01:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9291

Actions (login required)

View Item View Item