PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD N GAJAHMATI PATI

HIDAYAT, TAUFIQ (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD N GAJAHMATI PATI. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (163kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (300kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (546kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (254kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (144kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (279kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru. (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Snowball Throwing materi Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya pada kelas IV SD N Gajahmati Pati. Penelitian tindakkan kelas ini menggunakan PTK kemmis dan MC. Taggart yang terdiri dari 2 siklus, Adapun tahapan-tahapan PTK pada masing-masing siklus yaitu (1) Perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Penelitian tindakan kelas dilasanakan di kelas IV SD N Gajahmati Pati dengan subjek penelitian guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 28 siswa. Variabel bebas yaitu model pembelajaran Snowball Throwing dan variabel terikat yaitu keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Snowball Throwingmeningkat pada setiap siklus. Persentase keterampilan guru siklus I menunjukkan pengelolaan pembelajaran guru mendapatkan persentase rata-rata yakni 72% dengan kriteria baik. Sedangkan Pada siklus II meningkat mencapai persentase rata-rata yakni 87,5% dengan kriteria sangat baik. Persentase hasil belajar pada ranah kognitif pada prasiklus 56,25%, kemudian setelah dilakukan penelitian siklus I menjadi 74,59 dengan ketuntasan 81% dan meningkat pada siklus II menjadi 85% dengan ketuntasan klasikal 90%. Persentase hasil belajar pada ranah afektif pada siklus I rata-rata klasikal yakni 87% dengan kriteria sedang, kemudian meningkat pada siklus II dengan rata-rata persentase 92% dengan tinggi. Persentase hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I rata-rata persentase yakni 70% dengan kriteria sedang, kemudian meningkat pada siklus II dengan rata-rata persentase 92% dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD N Gajahmati Pati dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwingdalam mata pelajaran IPS keterampilan guru dan hasil belajar siswa meningkat. Peneliti menberikan saran agar guru sebaiknya menginovasi model-model pembelajaran agar siswa lebih semangat dalam belajar, dan kepada pihak sekolah.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Ika Oktavianti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Hasil Belajar IPS, Mengenal Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Transportasi Serta Pengalaman Menggunakannya
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 01:59
Last Modified: 22 Mar 2019 01:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9296

Actions (login required)

View Item View Item