PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUANMEDIA MONOPOLI EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD 2 TENGGELES KUDUS

FAJRIYATI, NOFITA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUANMEDIA MONOPOLI EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD 2 TENGGELES KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (914kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (243kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (386kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (656kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (235kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (142kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (125kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, akitivtas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan mediaMonopoli Edukatif pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada materi memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungan Model Think Pair Sharemerupakan model pembelajara yang dirancang untuk siswa lebih aktif, dan kreatif, dengan cara siswa berpikir, berbagi dan berpasangan. Siswa dalam model ini dituntut untuk aktif memecahkan masalah dengan bantuan media Monopoli Edukatifbertujuan agar semua perhatian siswa akan terpusat pada media, sehingga siswa tertarik pada materi pembelajaran Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Tenggeles Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa. penelitian ini berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas yang diteliti yaitu model Think Pair Share dan media monopoli edukatif, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa kognitif prasiklus dengan persentase 50% (kurang) dan siklus I mencapai 65% (baik) dan siklus II meningkat mencapai 85% (sangat baik). Hasil belajar afektif siklus I mencapai 73% (baik) dan meningkat pada siklus II mencapai 86,63% (sangat baik). Hasil belajar psikomotorik siklus I mencapai 59,75% (cukup) dan pada siklus II meningkat mencapai 88,5% (sangat baik). Aktivitas belajar siswa siklus I mencapai 75,30% (baik) dan meningkat pada siklus II mencapai 89,37% (sangat baik). Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari siklus I mencapai 86,25% (sangat baik) dan siklus II mencapai 96% (sangat baik). Simpulan pada penelitian ini dengan diterapkannya model pembelajaran Think Pair Share berbantu media monopoli edukatif dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SD 2 Tenggeles Kudus. Saran dalam penelitian ini, siswa diharapkan lebih aktif dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. guru hendaknya menggunakan model-model pembelajaran. kepala sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang dapat mendukung proses pembelajaran yang lebih baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Monopoli Edukatif, Hasil Belajar, PKn
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:00
Last Modified: 22 Mar 2019 02:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9298

Actions (login required)

View Item View Item