PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL) BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V SDN SARI 1

NISAK, LATIFATUN (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL) BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V SDN SARI 1. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (444kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (bab 1) - Accepted Version
Download (248kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (378kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (605kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (907kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (246kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (220kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (143kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, karakter siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi bentuk-bentuk keputusan bersama dengan cara menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran Problem Based Learningadalah pembelajaran dengan menghadapkan siswa pada permasalahan-permasalahan yang sebagai pijakan dalam belajar atau belajar melalui masalah. Siswa dalam model ini di tuntut aktif untuk memecahkan suatu masalah. Hasil belajar siswa adalah suatu perubahan tingkah laku siswa yang dilihat dri aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik setelah mengikuti pembelajaran. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah hasil belajar PKn, keterampilan guru dan karakter siswa dengan diterapkannya model Problem Based Learning pada kelas V SDN Sari 1 dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SDN Sari1Demak dengan subjek 34 siswa dan guru, penelitian ini berlangsung selama dua siklus, satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian adalah model pembelajaran problem based learning sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Data yang telah diperoleh dari tindakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkat keterampilan guru mengelola pembelajaran kelas pada siklus I ke siklus II dari persentase 73,91% menjadi 86,95%, Hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dari siklus I ke siklus 2 yaitu 70,58% menjadi 85,29%, pada ranah afektif juga meningkat dari dsiklus I ke siklus 2 yaitu 69,42% menjadi 86,88%, pada ranah psikomotor juga mengalami peningkatan yaitu 66,02% menjadi 83,52%, pada penilaian krakter mengalami peningkatan yaitu 65,36% menjadi 77,97%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Sari 1 dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkat keterampilan guru, hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik, dan karakter toleransi dan tanggung jawab pada mata pelajaran PKn materi keputusan bersama kelas V SDN Sari 1. Saran dalam penelitian ini guru hendaknya menggunakan model pembelajan yang sesuai dengar karakteristik agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan tidak membosankan dan siswa mudah tanggap dalam pembelajaran

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning , Karakter, Hasil Belajar PKn
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:00
Last Modified: 22 Mar 2019 02:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9299

Actions (login required)

View Item View Item