EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CTL DAN PBL BERBATUAN MULTIMEDIA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV

HARTONO, SUMBER (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CTL DAN PBL BERBATUAN MULTIMEDIA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (671kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (439kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (642kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (436kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (671kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (411kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (426kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (194kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan efektivitas model pembelajaran CTL berbantuan multimedia terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV pokok bahasan bangun datar di kecamatan Tlogowungu kabupaten Pati (2) menjelaskan efektivitas model pembelajaran PBL berbantuan multimedia terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV pokok bahasan bangun datar di kecamatan Tlogowungu kabupaten Pati (3) menganalisis perbedaan efektivitas model pembelajaran CTL dan model PBL terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV pokok bahasan bangun datar di kecamatan Tlogowungu kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan model true experiment, dimana SDN Tlogowungu 01 dikenakan model pembelajaran CTL berbatuna multimedia pembelajaran sebagai kelas eksperimen 1, dan SDN Tamansari 02 dikenakan model PBL berbantuan multimedia pembelajaran sebagai kelas eksperimen 2. Guna mengatahui perbedaan pemahaman konsep matematika pada kelas eksperimen pertama (menggunakan model CTL) dan kelas kedua (model pembelajaran PBL), digunakan uji-t dua pihak, dengan taraf significant 5%. Selanjutnya guna mengetahui keefektifan model dan prestasi belajar matematika, menggunakan ketuntasan klasikal yang telah ditentukan. Dari penelitian, disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran CTL berbatuan multimedia, efektif membantu dalam pemahaman konsep matematika siswa. (2) Model pembelajaran PBL berbantuan multimedia, efektif membant siswa dalam pemahaman konsep matematika. (3)Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran CTL berbantukan media pembelajaran, dan model pembelajaran PBL berbentuan multimedia pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model CTL, Model PBL, Multimedia
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:02
Last Modified: 22 Mar 2019 02:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9301

Actions (login required)

View Item View Item