ROBBI SAPUTRA, YUSUF (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWADALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL ROLE PLAYING DI KELAS V SD 2 JEKULO KUDUS. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
COVER.pdf - Accepted Version Download (635kB) | Preview |
PDF (bab 1)
Skripsi bab 1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
SKRIPSI BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (427kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
SKRIPSI BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (449kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
SKRIPSI BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
SKRIPSI BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf - Accepted Version Download (221kB) | Preview |
PDF (lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Role Playing pada mata pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama. Model Role playingadalah suatu model pembelajaran yang dalam pelaksanaannya siswa memerankan sebuah drama dengan penuh imajinasi, ekspresi, dan penuh penghayatan sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang dipelajari. Hasil belajar adalah proses kegiatan yang dilakukan siswa yang mengakibatkan berubahnya perilaku lebih baik dari sebelumnya, adapun perubahannya mencakup tiga hal yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hipotesis dalam penelitian ini terdapat peningkatan keteranpilan guru dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn siswa kelas V SD 2 Jekulo Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD 2 Jekulo Kudus dan dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian adalah model Role playing sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD 2 Jekulo kudus dengan jumlah siswa 21 terdiri dari 8 laki-laki dan 13 perempuan . Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi keterampilan guru, aktivitas siswa,tes, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Role Playing dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran kelas pada siklus I ke siklus II dari persentase 73,62% menjadi 89,82% . Hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu 61,90% menjadi 80,95%, pada ranah afektif juga meningkat dari silus I ke siklus II yaitu 66,19% menjadi 79,16%, pada ranah keterampilan juga meningkat dari siklus I ke Siklus II yaitu 69,34% menjadi 80,50%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 2 Jekulo Kudus dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Role Playing dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar pada ranah kognitif, afektif, keterampilan siswa pada mata pelajaran PKn materi keputusan bersama. Saran dalam penelitian ini guru hendaknya mampu menggunakan modelpembelajaran yang inovatif dan disesuaikan dengan pembelajaran sehingga siswa tidak bosan dalam menggikuti proses pembelajaran
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Nur Fajrie, M.Pd |
Kata Kunci: | Role Playing, Hasil Belajar , Pendidikan Kewarganegaraan |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:02 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:02 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9302 |
Actions (login required)
View Item |