PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWADALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL ROLE PLAYING DI KELAS V SD 2 JEKULO KUDUS

ROBBI SAPUTRA, YUSUF (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWADALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL ROLE PLAYING DI KELAS V SD 2 JEKULO KUDUS. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (635kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
Skripsi bab 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
SKRIPSI BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
SKRIPSI BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
SKRIPSI BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
SKRIPSI BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf - Accepted Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Role Playing pada mata pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama. Model Role playingadalah suatu model pembelajaran yang dalam pelaksanaannya siswa memerankan sebuah drama dengan penuh imajinasi, ekspresi, dan penuh penghayatan sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang dipelajari. Hasil belajar adalah proses kegiatan yang dilakukan siswa yang mengakibatkan berubahnya perilaku lebih baik dari sebelumnya, adapun perubahannya mencakup tiga hal yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hipotesis dalam penelitian ini terdapat peningkatan keteranpilan guru dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn siswa kelas V SD 2 Jekulo Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD 2 Jekulo Kudus dan dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian adalah model Role playing sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD 2 Jekulo kudus dengan jumlah siswa 21 terdiri dari 8 laki-laki dan 13 perempuan . Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi keterampilan guru, aktivitas siswa,tes, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Role Playing dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran kelas pada siklus I ke siklus II dari persentase 73,62% menjadi 89,82% . Hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu 61,90% menjadi 80,95%, pada ranah afektif juga meningkat dari silus I ke siklus II yaitu 66,19% menjadi 79,16%, pada ranah keterampilan juga meningkat dari siklus I ke Siklus II yaitu 69,34% menjadi 80,50%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 2 Jekulo Kudus dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Role Playing dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar pada ranah kognitif, afektif, keterampilan siswa pada mata pelajaran PKn materi keputusan bersama. Saran dalam penelitian ini guru hendaknya mampu menggunakan modelpembelajaran yang inovatif dan disesuaikan dengan pembelajaran sehingga siswa tidak bosan dalam menggikuti proses pembelajaran

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Nur Fajrie, M.Pd
Kata Kunci: Role Playing, Hasil Belajar , Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 22 Mar 2019 02:02
Last Modified: 22 Mar 2019 02:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9302

Actions (login required)

View Item View Item