“PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA PUZZLE KELAS V SDN 2 MLATI LOR KUDUS TAHUN PELAJARAN2017/2018"

AMELYA, RIZQI (2018) “PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA PUZZLE KELAS V SDN 2 MLATI LOR KUDUS TAHUN PELAJARAN2017/2018". Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (941kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Submitted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (285kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (364kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (738kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (283kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (223kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (326kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi dengan menerapkanmodel Make A Match berbantu media puzzlepada siswa kelas V SDN 2 Mlati Lor Kudus. Model Make A Match berbantuan media puzzle yakni pembelajaran dengan mencari pasangan kartu soal dan kartu jawaban untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sementara hasil belajar merupakan salah satu bukti keberhasilan siswa ketika menempuh kegiatan pembelajaran di kelas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dilakukan, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi. Subjek dan lokasi penelitian yaitu guru dan siswa kelas V SDN 2 Mlati Lor Kudus berjumlah 28 siswa. Variable bebas dalam penelitian ini adalah model Make A Match berbantu media puzzle sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar. Pengumpulan data dengan lembar observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan yaknianalisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match berbantuan media puzzle dapat meningkatkan (1) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dari persentase siklus I 76,8%menjadi 87,8% pada siklus II dengan kriteria sangat baik, (2) pada ranah kognitif skor rata-rata hasil belajar IPS prasiklus adalah 67,14 dan ketuntasan klasikalnya 39,29% meningkat pada siklus I dengan skor rata-rata 72,14 dengan ketuntasan 67,85% (naik dari nilai awal 28,56). Skor rata-rata siklus II adalah 82,5dengan ketuntasan 92,86% (naik 25,1%). Ranah afektif siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 78,82% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II ketuntasan klasikalnya menjadi 88,39% kritera dengan kriteria sangat baik. Ranah psikomotorik siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 74,72% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II ketuntasan klasikalnya menjadi 84,36% dengan kriteria sangat baik, sehingga secara keseluruhan hasil belajar siswa meningkat pada ketiga ranah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian tindaka kelas yang dilaksanakan pada kelas V SDN 2 Mlati Lor Kudus dapat disimpulkan bahwa model Make A Match berbantuan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru, dan hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi peristiwa sekitar proklamasi. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya melaksanakan pembelajaran dengan model Make A Matchyang bisa lebih diinovasikan pada pembelajaran IPS.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Ika Oktavianti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Make A Match.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:02
Last Modified: 22 Mar 2019 02:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9303

Actions (login required)

View Item View Item