PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD 3 JOJO MEJOBO KUDUS

AYU SISWIANI, MARISA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD 3 JOJO MEJOBO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (3MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (335kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (436kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (699kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (315kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (297kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (338kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Think Pair Share dalam meningkatkan keterampilan guru dalam mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi pada siswa kelas IV SD 3 Jojo, (2) mendesskripsikan penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perkembanagn Teknologi pada siswa kelas IV SD 3 Jojo, dan (3) mendeskripsikan penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi pada siswa kelas IV SD 3 Jojo. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti rangkaian pembelajaran, perubahan meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Think Pair Share (TPS) adalah suatu strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa bekerja sendiri dan bekerjasama dengan orang lain. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah (1) peningkatan keterampilan mengajar guru dalam mata pelajaran IPS Kelas IV SD 3 Jojo dengan menerapkan model Think Pair Share (TPS), (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas iV SD 3 Jojo dengan menerapakan model Think Pair Share (TPS), (3) meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Kelas IV SD 3 Jojo dengan menerapkan model Think Pair Share (TPS). Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 5 Jepang dengan subjek penelitian 14 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Sedangkat variabel terikat adalah asil belajar IPS siswa kelas IV SD 3 Jojo Kudus. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deksripsi kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada keterampilan mengajar guru dengan penerapan model Think Pair Share (TPS) pada siklus I 48,74% (cukup) menjadi 75,625% (baik) pada siklus II. Dengan peningkatan keterampilan mengajar guru juga berpengaruh kepada aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Pada siklus I sebesar 48,75% (cukup) menjadi 75,625% (baik) pada siklus II. Peningkatan pada kedua aspek tersebut juga berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa materi transportasi yang cukup signifikan antara lain siklus I (52,64%) dan siklus II (75%). Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar ips siswa kelas IV SD 3 Jojo Mejobo Kudus. Berdasrkan pada hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 3 Jojo Mejobo Kudus dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 3 Jojo Mejobo Kudus materi transportasi. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Think Pair Share guru dapat memberikan waktu dan kepercayaan kepada siswa untuk mendiskusikan dan menyelesaikan tugas dengan cara dan pemahaman siswa masing-masing.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Imaniar Purbasari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: TPS, Hasil Belajar, Teknologi Transportasi.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:03
Last Modified: 22 Mar 2019 02:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9305

Actions (login required)

View Item View Item