AULIA CAHYA ALVIKA, FERINA (2018) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA VISUAL GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD 1 TERNADI. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
COVER.pdf - Accepted Version Download (531kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (691kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (193kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model Think Pair Share berbantuan media visual gambar terhadap keterampilan mengajar guru dalam meningkatkan hasil belajar IPS materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia siswa kelas V SD 1 Ternadi. (2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan dengan menerapkan model Think Pair Share berbantuan media visual gambar pada siswa kelas V SD 1 Ternadi. (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa meliputi aspek afektif, kognitif dan psikomotorik pada pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan dengan menerapkan model Think Pair Share berbantuan media visual gambar pada siswa kelas V SD 1 Ternadi. Model pembelajaran Think Pair Share adalah model pembelajaran kooperatif yang memiliki waktu tunggu guna memancing siswa untuk merespon hal tersebut dapat mempengaruhi pola interaksi siswa sehingga dapat meningkatkan kemampuan berfikir siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar yang diperoleh.Adapun langkah-langkahnya yakni: (1) Berpikir (Think) ,(2) Berpasangan (Pair), Berbagi (Share). Subjek penelitian yaitu guru sebagai peneliti dan siswa berjumlah 26. Penelitianberlangsung dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian adalah model Think Pair Share berbantuan media visual gambar. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini meliputi hasil belajar dengan persentase siklus I sebesar 73,5% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,12% adapun keterampilan guru diperoleh 69,5% pada siklus I dengan kriteria baik dan meningkat menjadi 78,1% pada siklus II dengan kriteria baik. aktivitas siswa diperoleh 71,5% pada siklus I dengan kriteria baik dan meningkat menjadi 76,4% pada siklus II dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Sharedapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS siswa kelas V SD 1Ternadi Dawe Kudus. Adapun saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa dapat lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran serta model Think Pair Share dapat dijadikan alternatif solusi bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | Hasil belajar, Think Pair Share, Aktivitas belajar, Keterampilan guru |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:04 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:04 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9307 |
Actions (login required)
View Item |