PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGBERBANTUAN MEDIA TANGRAM MENARA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS V

Khoirul Anas, M (2018) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGBERBANTUAN MEDIA TANGRAM MENARA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS V. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (336kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (748kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Kemampuan pemahaman konsep matematis di SD 5 Bae menunjukkan rata-rata skor klasikal pemahaman konsep matematis yaitu 59,8 dengan kriteria kurang dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 12,5%. Hasil observasi dan wawancara juga menunjukkan rendahnya aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis,peningkatan aktivitas siswa, dan peningkatan keterampilan mengajar guru melaluipenerapan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media tangram menara. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 5 Bae dengan subjek penelitian 16 siswa dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan di setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari empattahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebasdalam penelitian ini yaitu model Contextual Teaching and Learning berbantuanmedia tangram menara. Sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan pemahaman konsep matematis materi sifat-sifat bangun datar, aktivitas siswa, dan keterampilan mengajar guru.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dandokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dankualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa siklus I memperoleh skor rata-rataklasikal sebesar 75,6 dengan kriteria tinggi dan meningkat pada siklus II menjadi 83,1 dengan kriteria baik, (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase klasikal sebesar 71,2% dengan kriteria tinggi dan meningkat pada siklus II menjadi 80,6 dengan kriteria tinggi (3) keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh persentase klasikal sebesar dengan 75,6% kriteria tinggi dan meningkat menjadi 85% pada siklus II dengan kriteria tinggi. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learningberbantuan media tangram menara dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis, aktivitas siwa dan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran. Hendaknya guru menggunakan model Contextual Teaching and Learningberbantuan media tangram menarasebagai solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Himmatul Ulya, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Siswa, Contextual Teaching and Learning, Media Tangram Menara, Pemahaman konsep matematis.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:04
Last Modified: 22 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9312

Actions (login required)

View Item View Item