PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI PERKALIAN PECAHAN DENGAN MODEL RME BERBANTUAN FOLDING PAPER KELAS V SD NEGERI RAU JEPARA

Aulia Mukrimatin, Nor (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI PERKALIAN PECAHAN DENGAN MODEL RME BERBANTUAN FOLDING PAPER KELAS V SD NEGERI RAU JEPARA. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (572kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (152kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (504kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (393kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (256kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (185kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (254kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (14MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan tes prasiklus menunjukkan kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematika kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, (2) aktivitas belajar peserta didik, dan (3) kemampuan pemahaman konsep matematika, melalui penerapan model RME berbantuan media folding paper pada materi perkalian pecahan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara dengan subjek penelitian 22 peserta didik dan peneliti yang bertindak sebagai guru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas adalah model RME dan media folding paper. Variabel terikat adalah kemampuan pemahaman konsep matematika. Metode pengumpulan data yakni wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Setelah mendapatkan data dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif deskriptif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan dengan penerapan model RME berbantuan media folding paper pada setiap siklus. Rata-rata skor keterampilan mengajar guru diperoleh pada siklus I sebesar 3.15 dalam kategori baik meningkat ke siklus II sebesar 3.20 dalam kategori baik. Rata-rata skor aktivitas belajar peserta didik pada siklus I diperoleh 2.07 pada kategori cukup baik meningkat pada siklus II sebesar 2.52 dalam katgori baik. Adapun rata-rata persentase kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada siklus I diperoleh 63% dan pada siklus II meningkat sebesar 79% pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika pada peserta didik kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara berhasil dan meningkat dengan model RME berbantuan media folding paper. Simpulan pada penelitian ini yakni pembelajaran dengan menggunakan model RME berbantuan media folding paper, keterampilan guru dalam mengajar meningkat, aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan dan kemampuan pemahaman konsep peserta didik mengalami peningkatan. Peneliti memberikan saran kepada guru hendaknya menginovasi pembelajaran dengan berbagai model dan media yang dapat melibatkan peserta didik sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Folding Paper, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Perkalian Pecahan, RME
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:05
Last Modified: 22 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9313

Actions (login required)

View Item View Item