SULFIYANTO, FARUQ (2018) PENERAPAN MODELMIND MAPPINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELASV SD NEGERI 01 MEJOBO KUDUS. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version Download (574kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (501kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (122kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 01 Mejobo Kudus dengan menggunakan modelMind Mapping.Hasil belajar ialah perubahan atau peningkatan perilaku, sikap, pengetahuan, keterampilan seseorang karena belajar, yang menuju pada perubahan positif, baik kognitif, afektif, dan psikomotorik. Model Mind Mapping adalah model yang dirancang agar dalam proses pembelajaran siswa dapat menghimpun informasi berupa materi pelajaran yang diperoleh ketika pembelajaran, serta melatih siswa membuat inti dari materi pelajaran dalam bentuk peta pikiran, grafik, maupun penggunaan simbol sehingga siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang dipelajari. Penelitian tindakan kelas ini akan dilakukan di kelasV SD Negeri 01 Mejobo Kudus dengan subjek penelitian 36 orang siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah modelMind Mapping. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan guru dan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS melalui model Mind Mapping.Pada keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 58,35 % dan siklus II meningkat 90,27 %, dan rata-rata klasikalhasil belajarmengalami peningkatan pada siklus I sebesar 69,36 % dan siklus II meningkat menjadi 81,52 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi perjuangan kemerdekaan Indonesia pada kelas V SD Negeri 01 Mejobo. Saran yang dapat di sampaikan adalah siswa harapkan giat dan semangat dalam mengikuti pelajaran dengan baik, dan pada pihak sekolah sebaiknya memberikan dukungan dan kesempatan kepada guru untuk mengadakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam menguasai model pembelajaran inovatif sehingga pelajaran IPS dapat dilaksanakan dengan menyenangkan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Santoso, S.Pd M.Pd |
Kata Kunci: | Model Mind Mapping, Hasil Belajar, IPS. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:05 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:05 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9316 |
Actions (login required)
View Item |