PENERAPAN MODELMIND MAPPINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELASV SD NEGERI 01 MEJOBO KUDUS

SULFIYANTO, FARUQ (2018) PENERAPAN MODELMIND MAPPINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELASV SD NEGERI 01 MEJOBO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (574kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (183kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (270kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (501kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (215kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (113kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (122kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 01 Mejobo Kudus dengan menggunakan modelMind Mapping.Hasil belajar ialah perubahan atau peningkatan perilaku, sikap, pengetahuan, keterampilan seseorang karena belajar, yang menuju pada perubahan positif, baik kognitif, afektif, dan psikomotorik. Model Mind Mapping adalah model yang dirancang agar dalam proses pembelajaran siswa dapat menghimpun informasi berupa materi pelajaran yang diperoleh ketika pembelajaran, serta melatih siswa membuat inti dari materi pelajaran dalam bentuk peta pikiran, grafik, maupun penggunaan simbol sehingga siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang dipelajari. Penelitian tindakan kelas ini akan dilakukan di kelasV SD Negeri 01 Mejobo Kudus dengan subjek penelitian 36 orang siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah modelMind Mapping. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan guru dan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS melalui model Mind Mapping.Pada keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 58,35 % dan siklus II meningkat 90,27 %, dan rata-rata klasikalhasil belajarmengalami peningkatan pada siklus I sebesar 69,36 % dan siklus II meningkat menjadi 81,52 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi perjuangan kemerdekaan Indonesia pada kelas V SD Negeri 01 Mejobo. Saran yang dapat di sampaikan adalah siswa harapkan giat dan semangat dalam mengikuti pelajaran dengan baik, dan pada pihak sekolah sebaiknya memberikan dukungan dan kesempatan kepada guru untuk mengadakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam menguasai model pembelajaran inovatif sehingga pelajaran IPS dapat dilaksanakan dengan menyenangkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Santoso, S.Pd M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Mind Mapping, Hasil Belajar, IPS.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:05
Last Modified: 22 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9316

Actions (login required)

View Item View Item