PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE TALKING STICK BERBATUAN MEDIA KARTU GAMBARPADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 SARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SAPUTRA, NANDO (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE TALKING STICK BERBATUAN MEDIA KARTU GAMBARPADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 SARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Submitted Version
Download (642kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (210kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (296kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (614kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (163kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (122kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (193kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV dalam belajar IPS materi Perkembangan Teknologi melalui pemebelajaran Cooperatif Learning tipe Talking Stickberbantuan media kartu gambar serta meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar IPS kelas IV materi Perkembangan Teknologi. Hasil belajar merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar. Model Talking Stickmerupakan salah satu model pembelajaran kooperatif. Strategi pembelajaran ini dilakukan dengan bantuan tongkat, siapa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari guru seelah siswa mempelajari materi pokoknya. Media kartu gambar termasuk media visual, media visual merupakan media yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan indra penglihatan.dan gambar digunakan untuk menjelaskan suatu materi pembelajaran. Hipotesis dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar melalui model Talking Stickberbantuan media kartu gambar pada siswa kelas IV SD 2 Sari. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur kerja dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 2 Sari yang berjumlah 31 siswa, yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, ada empat yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis data kualitatif dan tehnik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian siklus I pengelolaan pembelajaran guru mencapai persentase ketuntasan 76,10% dengan kriteria “baik” dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 85,29% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil belajar IPS siswa ranah kognitif siklus I persentase ketuntasan 61,30% dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 90%. Hasil belajar IPS siswa ranah afektif siklus I persentase ketuntasan 66,69% dengan kriteria “sedang” dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 77,74% dengan kriteria “tinggi”. Hasil belajar IPS siswa ranah psikomotorik siklus I persentase ketuntasan 66,06% dengan kriteria “sedang” dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 77,28% dengan kriteria “baik”. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 2 Sari dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Talking Stickberbantuan media kartu gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik ranah kognitif, afektif dan psikomotorik dari siswa SD 2 Sari. Peneliti menyarankan dalam pembelajaran menggunakan model Talking Stickberbantuan media kartu gambar, guru hendaknya melibatkan siswa dalam pembelajaran, guru memberikan pertanyaan agar siswa aktif sehingga mampu meningkatkan rasa percaya diri dan siswa berani mengemukakan pendapatnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Talking Stick, Media Kartu Gambar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:06
Last Modified: 22 Mar 2019 02:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9318

Actions (login required)

View Item View Item