PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MENGHARGAI JASA DAN PERJUANGAN TOKOH PROKLAMASI KEMERDEKAAN KELAS V SD 2 MEGAWON MELALUI PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA WAYANG

SURENDRA V, VARMA (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MENGHARGAI JASA DAN PERJUANGAN TOKOH PROKLAMASI KEMERDEKAAN KELAS V SD 2 MEGAWON MELALUI PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA WAYANG. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (759kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (196kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (422kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (399kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (239kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (176kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (188kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Think Pair Share berbantuan media Wayang untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SD 2 Megawon. Hasil belajar adalah sesuatu yang diperoleh oleh siswa setelah terlaksanakannya akivitas belajar, seseorang yang mengalami perubahan tingkah laku pada diri yang dapat diukur melalui bentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Think Pair Share merupakan suatu jenis model kooperatif yang dirancang untuk pola interaksi antar siswa, serta memberikan waktu bagi siswa untuk berpikir, merespon, serta saling membantu satu sama lain untuk memecahkan masalah. Wayang adalah suatu bentuk media pengembangan dari media gambar, yang digunakan sebagai pengenalan tokoh-tokoh pada materi yang diajarkan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah peingkatan hasil belajar IPS dengan menerapkan model Think Pair Share berbantuan dengan media wayang materi menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan pada siswa kelas V SD 2 Megawon. Penelitian Tindakan Kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SD 2 Megawon dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama II siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Think Pair Share dan media wayang. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. teknik pengumpulan data mnggunakan teknik wawancara, observasi tes, dan dokumentasi. analisis data ang diunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapa model Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh presentase sebesar 76,875% dengan kategori sangat baik, dan meningkat pada siklus II menjadi 83,75% dengan kategori sangat baik, (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh presentase 79,9% dengan kategori sangat baik, dan meningkat pada siklus II menjadi 89,18% dengan kategori sangat baik, (3) hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus I memperoleh presentase 77,77% dengan kategori baik, dan meningkat pada siklus II menjadi 88,88% dengan kategori sangat baik, (4) hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I memperoleh presentase 81,18% dengan kategori baik, dan meningkat pada siklus II menjadi 88,19% dengan kategori baik, (5) hasil belajar siswa ranah psikomotor pada siklus I memperoleh presentase 77,05% dengan kategori baik, dan meningkat pada siklus II menjadi 79,28% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan pada siswa kelas V SD 2 Megawon. Saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa dan guru lebih aktif dalam membangun komunikasi satu sama lain ketika pembelajaran sedang berlangsung

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Think Pair Share, Menghargai Jasa dan Peranan Tokoh Proklamasi Kemerdeaan, Media Wayang
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:07
Last Modified: 22 Mar 2019 02:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9328

Actions (login required)

View Item View Item