PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN KOMIK PADA SISWA KELAS IV SD 1 LORAM KULON

WIDYASTUTI, RISKA (2018) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN KOMIK PADA SISWA KELAS IV SD 1 LORAM KULON. UMK. (Submitted)

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (441kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (125kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (483kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (586kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Published Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (250kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (192kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (169kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan pemahaman konsep, minat belajar dan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran Matematika siswa kelas IV SD 1 Loram Kulon dengan penerapan model pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik berbatuan media komik. Pendekatan Matematika Realistik (PMR) adalah salah satu model pembelajaran yang khusus diterapkan pada mata pelajaran matematika. Model pembelajaran ini memiliki ciri bahwa pada proses pembelajaran siswa diberikan kesempatan untuk menemukan konsep matematika melalui permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Komik matematika adalah media yang dapat menarik perhatian siswa dan juga dapat mempermudah siswa dalam memahami konsep sifat-sifat bangun ruang. Cerita komik disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan yakni sifat-sifat bangun ruang sederhana dan menggunakan gambar-gambar yang menarik sehingga siswa tertarik untuk belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 1 Loram Kulon dengan subjek penelitian 36 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran PMR dan media komik, sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep matematika siswa pada materi sifat-sifat bangun ruang sederhana. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman konsep antara siklus I (47,22%) dengan kriteria kurang menjadi siklus II (86,11%) dengan kriteria baik. Minat belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I (50,60%)dengan kriteria cukup dan siklus II (77,09%) dengan kriteria baik. Keterampilan mengajar guru juga meningkat pada siklus I (70,00%) dengan kriteria cukup dan siklus II (78,87%) dengan kriteria baik. Hal itu membuktikan pendekatan matematika realistik berbantuan komik pada materi sifat-sifat bangun ruang kelas IV SD 1 Loram Kulom dapat meningatkan pemahaman konsep. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Loram Kulon menggunakan PMR berbantuan media komik dapat disimpulkan bahwa pendekatan metematika realistik dapat meningkatkan pemahaman konsep, minat belajar dan keterampilan mengajar guru. Untuk itu disarankan, guru hendaknya lebih menguasai pendekatan matematika realistik.

Tipe dokumen: Buku
Additional Information: Henry Suryo Bintoro, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Matematika Realistik, Komik, Pemahaman Konsep Matematis.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:07
Last Modified: 22 Mar 2019 02:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9329

Actions (login required)

View Item View Item