UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SDN 2 JOJO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JELAJAH ALAM SEKITAR BERBANTUAN MEDIA ALAM SEKITAR

SHOFA YUNITA, KHANSA (2018) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SDN 2 JOJO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JELAJAH ALAM SEKITAR BERBANTUAN MEDIA ALAM SEKITAR. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (432kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (211kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (554kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (402kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (676kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Published Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (217kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (118kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (208kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

berbantuan media alam sekitar dan menemukan peningkatan pemahaman konsep pada tema daerah tempat tinggalku kelas IV SD 2 Jojo Kudus. Pemahaman konsep merupakan sesuatu yang tergambar dalam pikiran, gagasan, atau suatu pengertian. Jelajah alam sekitar merupakan pendekatan pembelajaran yang menggunakan alam sekitar sebagai sumber belajar dan tidak menekankan siswa langsung belajar di alam, tetapi dapat mengkonstruksi apa yang ada di alam kemudian dijadikan bahan untuk pembelajaran di dalam kelas yang dirancang untuk merangsang keaktifan dan kreativitas siswa. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah melalui model pembelajaran jelajah alam sekitar dengan berbantuan media alam sekitar diduga akan dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep siswa kelas IV SDN 2 Jojo tema 8 daerah tempat tinggalku. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Jojo Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Jelajah Alam Sekitar. Sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang digunakan diperoleh dari tindakan yang dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai pemahaman konsep subtema daerah tempat tinggalku muatan IPA dan Bahasa Indonesia pada materi Gaya dan gerak dan cerita fiksiyang cukup signifikan antara siklus I (25%), dan siklus II (75%), didukung dengan aspek afektif siswa pada siklus I 65,065 (cukup) menjadi 75,625% (baik) siklus II. Pengelolaan pembelajaran model jelajah alam sekitar juga mengalami peningkatan pada siklus I 65,54% (cukup) menjadi 75% pemah (baik) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model model jelajah alam sekitar dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada tema 8subtema daerah tempat tinggalku muatan IPA dan Bahasa Indonesia kelas IV SDN 02 Jojo. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 02 Jojo dapat disimpulkan bahwa penggunaan model jelajah alam sekitar dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tema 8 subtema daerah tempat tinggalku muatan IPA dan Bahasa Indonesia kelas IV SDN 02 Jojo. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model jelajah alam sekitar, guru harus memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada penemuan konsep agar siswa dapat mengembangkan daya pikirnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: FinaFakhriyah.M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Model Jelajah Alam Sekitar, Daerah tempat tinggalku
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:07
Last Modified: 22 Mar 2019 02:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9330

Actions (login required)

View Item View Item