PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN MEDIA POSTER KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 NALUMSARI

MEI RATMI, EGA (2018) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN MEDIA POSTER KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 NALUMSARI. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (678kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (121kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (331kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (434kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (162kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (20kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (92kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah : 1. Mendiskripsikan tanggung jawab belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran sesudah diberi layanan penguasaan konten dengan media Poster pada kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. 2. Diperoleh peningkatan tanggung jawab belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran melalui layanan penguasaan konten dengan media Poster pada kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. Tanggung Jawab belajar adalah perilaku seseorang dalam menjalankan tugas sebagai hak dan kewajiban yang diemban seseorang untuk mampu menerapkan sikap dalam menanggung segala resiko terhadap segala perbuatan dan tindakan yang dilakukan oleh individu tersebut.Untuk membantu siswa meningkatkan tanggung jawab belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran maka peneliti berupaya menerapkan penguasaan konten dengan media poster.Hipotesis dalam penelitian ini adalah melalui layanan pengusaan konten dengan media poster dapat meningkatkan tanggung jawab belajar pada siswa. Jenis peneliti yang digunakan adalah peneliti tindakan bimbingan dan konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPA 2, sebanyak 40 siswa yang tanggung jawab belajar kurang meningkat. Analisis data dilakukan dengan penguasaan konten dengan media poster dengan menggabungkan analisis data kuantitatif dengan diperoleh data kualitatif agar diperoleh simpulan penelitian yang lebih kuat.Peneliti ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap satu pertemuan membahas satu materi dengan alokasi waktu 45 menit. Hasil peneliti pra siklus tanggung jawab belajar menunjukkan kategori sangat kurang dengan rata-rata 15 (32%), Siklus I tanggung jawab belajar mengalami peningkatan dalam kategori kurang dengan rata-rata skor 24 (48%), mengalami peningkatan rata-rata skor 16% dari pra siklus. Siklus II tanggung Jawab belajar dengan kategori baik dengan rata-rata skor 36 (72%) yang berarti meningkat 24%.Peningkatan pada siklus I skor rata-rata 27 (54%) dalam kategori cukup dan pada siklus II skor rata-rata 40 (80%) dalam kategori baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan tanggung jawab belajar dari Pra Siklus skor rata-rata 15 kategori sangat kurang, Siklus I skor rata-rata 24 kategori kurang dan Siklus II skor rata-rata 36 kategori baik. hasil penelitian aktivitas penelitian pada siklus I skor rata-rata 27 (54%) dengan kategiri cukup dan pada siklus II skor rata-rata 40 (80%) dengan kategori baik. dengan demikian layananan penguasaan konten dengan media poster meningkatkan tanggung jawab belajar. Disarankan kepada: 1. Siswa diharapkan dengan menggunakan media poster melalui layanan penguasaan konten dapat memberikan gambaran-gambaran secara langsung kepada siswa tentang tanggung jawab belajar dalam kehidupan sehai-hari sehingga pemahaman mereka dapat meningkatkan dan prestasi siswa membaik. 2. Guru BK diharapkan dapat membantu siswa dalam menghadapi masalah-masalah yang berkaitan dengan perilaku tanggung jawab belajar melalui layanan penguasaan konten dengan media poster. 3. Kepada Sekolah,Kepala sekolah SMA N 1 Nalumsari Jepara hendaknya mengetahui bagaimana tanggung jawab belajar pada siswa kelas XI IPA 2 yaitu dalam tanggung jawab belajarnya. Dan kepala sekolah dapat memberikan apresiasi yang lebih kepada siswa yang bertanggung jawab dalam belajar itu tidak mudah dan butuh latihan terus-menerus.4. Peneliti, hasil penelitian ini diharapkan menambah wawasan dan dapat berkenan melanjutkan pengembangan pemberian tindakan dalam upaya meningkatkan tanggung jawab belajar lebih selektif untuk diberikan kepada siswa agar lebih mudah menerapkan dalam kehidupannya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Indah Lestari, S.Pd,M.Pd. Kons
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Belajar siswa, Layanan Penguasaan Konten, Media Poster.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:07
Last Modified: 22 Mar 2019 02:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9334

Actions (login required)

View Item View Item