PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBANTU BLOK PECAHAN UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 3 GEMULUNG JEPARA

PUJIATI, PUJIATI (2018) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBANTU BLOK PECAHAN UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 3 GEMULUNG JEPARA. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (693kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (292kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (671kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (540kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (322kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (161kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (388kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Pemahaman konsep merupakan kemampuan seseorang untuk mengerti dan memahami sesuatu. Contextual teaching and learning adalah model pembelajaran yang menekankan siswa untuk aktif membangun konsep dengan mengalami belajar sendiri.Hipotesis tindakan yang diajukan adalah keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, kemampuan pemahaman konsep dengan diterapkannya model Contextual Teaching and Learning berbantu blok pecahan pada siswa kelas IV SDN 3 Gemulung. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model CTL berbantu blok pecahan, sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep siswa materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dalam pembelajaran matematika melalui model Contextual teaching and learning berbantu blok pecahan meningkat pada setiap siklus. Rata-rata skor keterampilan mengajar guru siklus I yaitu 2,27 dengan kategori cukup baik. dan meningkat pada sikus II menjadi 3,21 dengan kategori baik. rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 2,10 dengan kategori cukup baik, dan meningkat pada siklus II menjadi 2,57 mencapai kriteria baik. sedangkan persentase ketuntasan hasil kemampuan pemahaman konsep siswa pada prasiklus yaitu 21% dengan kriteria kurang, kemudian pada siklus I menjadi 47% dengan kategori sedang dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 89% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning berbantu blok pecahan dapat meningkatkan ketrampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan kemampuan pemahman konsep pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SDN 3 Gemulung. Saran dalam penelitian ialah guru harus berusaha meningkatkan pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang inovasi, menggunakan media dan sumber belajar yang beragam.Untuk siswa harus lebih bersemangat dan rajin dalam mengikuti pembelajaran terutama pada pembelajaran matematika.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep, Contextual Teaching Learning, Blok pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil kemampuan pemahama konsep dengan penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantu blok pecahan pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:08
Last Modified: 22 Mar 2019 02:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9336

Actions (login required)

View Item View Item