PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTU PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 5 KECAPI JEPARA

SAFITRI MAGHFIROH, LAILA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTU PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 5 KECAPI JEPARA. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (979kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (240kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (342kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (523kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (274kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (149kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (274kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 5 Kecapi Jepara dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match berbantu permainan ular tangga pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi. Model pembelajaran Make A Match merupakan model pembelajaran yang menggunakan kartu-kartu. Ular tangga merupakan permainan papan yang dibagi dalam kotak-kotak dan didalam kotak tersebut terdapat gambar sejumlah ular dan tangga yang menghubungkannya dengan kotak lain. Hasil belajar adalah sesuatu yang dicapai atau diperoleh siswa yang mana hal tersebut dinyatakan dalam pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah hasil belajar IPS, keterampilan guru dengan diterapkannya model pembelajaran Make A Match pada kelas IV SDN 5 Kecapi Jepara dapat meningkat. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 5 Kecapi Jepara dengan subjek penelitian guru dan dan 27 siswa yang berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap satu siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match berbantu permainan ular tangga, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match berbantu permainan ular tangga dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari rata-rata persentase 74,58% (baik) menjadi 89,58% (sangat baik). Hasil belajar pada ranah kognitif meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu 66,66% (kurang) menjadi 85,18% (baik). Hasil belajar ranah afektif mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 78,51% (baik) menjadi 80,74% (baik). Hasil belajar ranah psikomotorik juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 75,18% (baik) menjadi 80,18% (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Make A Match berbantu permainan ular tangga dapat meningkatkan keterampilan guru, dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada pelajaran IPS materi perkembangan teknologi kelas IV SDN 5 Kecapi Jepara.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Make A Match, Permainan Ular Tangga, Hasil Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:08
Last Modified: 22 Mar 2019 02:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9337

Actions (login required)

View Item View Item