PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN EKSPERIMEN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 09 GONDOSARI

INDRIANI, FIRA (2018) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN EKSPERIMEN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 09 GONDOSARI. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (408kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (623kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (523kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (680kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (287kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (222kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (226kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa melalui penerapan model project based learning dengan eksperimen sederhana pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 09 Gondosari. Peningkatan sikap ilmiah siswa diukur dalam 3 ranah yakni ranah kognitif diukur dengan tes tertulis, ranah afektif diukur dengan lembar observasi afektif siswa dan ranah psikomotorik yang diukur dengan lembar psikomotorik siswa. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model project based learning dengan eksperimen sederhana dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa pada materi IPA kelas V SD 9 Gondosari. Model project based learning dengan eksperimen sederhana ini melibatkan siswa untuk aktif sehingga siswa dapat bekerjasama dengan kelompoknya, rasa ingin tahu siswa meningkat, siswa dapat berpikir kritis, dan lain sebagainya. Sehingga dengan menggunakan eksperimen sederhana dapat menumbuhkan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA. Siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi biasanya memiliki hasil belajar IPA yang tinggi, begitu pula sebaliknya. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 9 Gondosari dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model project based learning dengan eksperimen sederhana sedangkan variabel terikatnya adalah sikap ilmiah siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan sikap ilmiah pada siklus I dan siklus II. Sikap ilmiah siswa pada siklus I memperoleh presentase sebesar 72% dengan kriteria baik yang terdiri dari tiga ranah yaitu ranah kognitif dengan presentase 70% (kriteria baik), ranah afektif dengan presentase sebesar 75% (kriteria baik) dan ranah psikomotorik dengan presentase sebesar 73% (kriteria baik). Peningkatan sikap ilmiah pada siklus II memperoleh presentase sebesar 80% dengan kriteria baik yang terdiri dari tiga ranah yaitu ranah kognitif dengan presentase sebesar 78% (kriteria baik), ranah afektif dengan presentase sebesar 82% (kriteria baik) dan ranah psikomotorik dengan presentase sebesar 82% (kriteria baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SDN 09 Gondosari dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning dengan eksperimen sederhana dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas V pada mata pelajaran IPA. Peneliti berharap agar penggunaan model project based learning dengan eksperimen sederhana dapat digunakan dan dikembangkan guna meningkatkan mutu pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Fina Fakhriyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Sikap llmiah, Project Based Learning, Cahaya
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:08
Last Modified: 22 Mar 2019 02:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9338

Actions (login required)

View Item View Item