PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CD PEMBELAJARAN

MAEMUNAH, NOVI (2018) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CD PEMBELAJARAN. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (647kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (245kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (384kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (636kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (233kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (135kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, rendahnya aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran, dan kurangnya keterampilan dasar mengajar guru. Maka perlu dilakukan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan peningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SDN Degan, peningkatkan aktivitas siswa melalui model Project Based Learning (PjBL), dan peningkatkan keterampilan mengajar guru melalui penerapan model PjBL berbantuan media CD pembelajaran pada materi jaring-jaring kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model desain Kemmis & MC Taggart yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model PjBL, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan pemahaman konsep matematika, aktivitas siswa, dan keterampilan mengajar guru. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yakni soal tes pada setiap siklus, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan lembar observasi keterampilan mengajar guru. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa dilihat dari hasil tes pemahaman konsep matematika menunjukkan adanya peningkatan. (1) Nilai rata-rata hasil tes pemahaman konsep matematika siswa siklus I yang diajarkan menggunakan model PjBL berbantuan media CD pembelajaran adalah sebesar 73 (cukup) dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 60% (cukup). Pada siklus II nilai rata-rata klasikal meningkat menjadi 77,8 (baik) dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 77% (baik). (2) Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh persentase sebesar 69% (sedang) meningkat pada siklus II menjadi 76% (tinggi). (3) Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh persentase 73,9% (tinggi) meningkat pada siklus II menjadi 83,6% (tinggi). Berdasarkan hasil hasil penelitian, disimpulkan bahwa model PjBL berbantuan media CD pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika, aktivitas siswa, dan keterampilan mengajar guru. Peneliti menyarankan untuk menggunakan model PjBL berbantuan media CD pembelajaran agar siswa dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga siswa mampu memahami materi dengan mudah.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Himmatul Ulya, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: CD pembelajaran, Pemahaman Konsep Matematika, Project Based Learning
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:08
Last Modified: 22 Mar 2019 02:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9339

Actions (login required)

View Item View Item