PENGEMBANGAN BUKU TEKS SASTRA ANAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL KUDUS SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

KIRONORATRI, LINTANG (2018) PENGEMBANGAN BUKU TEKS SASTRA ANAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL KUDUS SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (749kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (147kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (408kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (181kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (611kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (127kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (127kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (282kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Metode yang akan digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development / R&D). Instrumen penelitian ini adalah 1) data kebutuhan buku teks sastra anak pada guru Sekolah Dasar kelas tinggi, 2) data hasil validasi prototipe oleh ahli untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan buku teks, dan 3) data hasil uji coba buku teks Sastra Anak Berbasis Kearifan Lokal oleh guru untuk mengetahui kesesuaian buku teks dengan kebutuhan guru. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) berdasarkan analisis kebutuhan buku teks Sastra Anak Berbasis Kearifan Lokal sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia, guru membutuhkan buku teks sastra anak yang mengandung unsur pendidikan karakter, kearifan lokal. Buku teks yang diinginkan oleh guru sebagai referensi pembelajaran sastra adalah buku teks yang mencukupi, mewadahi, dan sesuai dengan materi pembelajaran sastra Sekolah Dasar, 2) berdasarkan hasil validasi, penilaian, dan saran perbaikan prototipe buku teks Sastra Anak Berbasis Kearifan Lokal oleh ahli dengan rentang nilai 1-4, nilai rata-ratanya adalah 3,75 atau setara dengan nilai presentase 93,75% untuk sampul buku teks Sastra Anak Berbasis Kearifan Lokal, 3,83 atau setara dengan nilai presentase 95,75% untuk isi dan desain buku teks Sastra Anak Berbasis Kearifan Lokal, 3,5 atau setara dengan nilai presentase 87,5% untuk bahasa dan keterbacaan buku teks Sastra Anak Berbasis Kearifan Lokal, dan ¬¬¬4 atau setara dengan nilai presentase 100% untuk grafika buku teks Sastra Anak Berbasis Kearifan Lokal. Sehingga buku teks Sastra Anak Berbasis Kearifan Lokal dinyatakan layak dan valid, 3) berdasarkan hasil penilaian uji coba yang dilakukan oleh guru, dapat dilihat bahwa buku teks Sastra Anak Berbasis Kearifan Lokal sangat diharapkan keberadaannya, guru berharap buku tersebut dapat segera digunakan. Guru merasa terbantu dengan adanya buku teks Sastra Anak Berbasis Kearifan Lokal sebagai referensi penunjang dalam pembelajaran. Mengenai isi, guru menyampaikan bahwa materi di dalam buku teks dianggap telah memenuhi seluruh materi yang diajarkan di Sekolah Dasar (tingkat tinggi). Sedangkan kesahihan materi di dalam buku teks dianggap sudah memenuhi legalitas. Kajian terakhir yakni mengenai kemampuan buku teks Sastra Anak Berbasis Kearifan Lokal untuk dipahami, pada kajian ini guru menilai buku teks Sastra Anak Berbasis Kearifan Lokal baik untuk dipahami. Dari penelitian ini disarankan, bahwa: 1) guru perlu lebih memahami nilai-nilai kearifan lokal, menerapkan, dan menyampaikan nilai-nilai tersebut dalam pembelajaran sehingga akan terbentuk pribadi siswa yang kuat dan teguh kearifan lokal positifnya. Dengan demikian, nantinya siswa menjadi pribadi yang tidak mudah terbawa oleh budaya barat yang kurang sesuai dengan kebudayaan di Indonesia, 2) pemantau pelaksanaan pendidikan hendaknya dapat mengembangkan fasilitas pembelajaran yang berkaitan dengan pendidikan karakter, karena pendidikan karakter akan tertanam dengan baik pada anak usia sekolah. Dengan fasilitas pembelajaran tersebut pendidikan karakter dapat ditanamkan dengan baik tanpa membuat siswa merasa dipaksa mempelajarinya, 3) perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji lebih lanjut produk Buku Teks Sastra Anak Berbasis Kearifan Lokal sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia sampai dengan tahap akhir produksi masal. Pengujian lebih lanjut akan menghasilkan saran dan perbaikan yang dapat bermanfaat memenuhi kualitas produk agar semakin baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr.Murtono,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: buku teks sastra anak, kearifan lokal, materi Bahasa Indonesia Tujuan penelitian ini adalah 1) mengindentifikasi kebutuhan buku teks sastra (bagi guru) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, 2) memaparkanuji validasi prototipe buku teks berdasarkan penilaian ahli, 3) memaparkan hasil uji coba buku teks Sastra Anak Berbasis Kearifan Lokal sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan penilaian guru.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: TIDAK DITENTUKAN
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:08
Last Modified: 22 Mar 2019 02:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9340

Actions (login required)

View Item View Item