PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTU MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGMULYO

Mu’id, Abdul (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTU MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGMULYO. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (948kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (235kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (520kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (433kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (259kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (222kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (221kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi bentuk-bentuk keputusan bersama dengan cara menerapkan model pembelajaran Student Team Achievement Divinision berbantu media monopoli di SD Negeri Karangmulyo. Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisionmerupakan model pembelajaran yang terdiri atas lima komponen utama yaitu presentasi kelas, tim, kuis, skor kemajuan individual, rekognisi tim. Hasil belajar adalah perubahan perilaku siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya dimana perubahan itu meliputi nilai-nilai, apresiasi, dan perilaku dalam domain kognitif atau pengetahuan, domain afektif atau sikap dan domain psikomotorik. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah meningkatnya ketrampilan guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar PKn melalui penerapan model pembelajaran Student Team Achievementberbantu media monopoli. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri Karangmulyo dengan subjek penelitian guru dan 25 siswa yang berlangsung selama dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Student Team Achievement Divisionberbantu media monopoli sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran student team achievement division berbantu media monopoli dapat meningkatkan pembelajaran PKn. Presentase rata-rata keterampilan guru pada siklus I yaitu 76,4% (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 87,14% (sangat baik). Presentase rata-rata aktivitas belajar aspek afektif pada siklus I adalah 70,85% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 77,85% (baik). Presentase aktivitas belajar aspek psikomotorikpada siklus I adalah 72,3% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 81,9% (baik). Presentase ketuntasan klasikal hasil belajar prasiklus yaitu 32% (kurang) kemudian setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 76% (baik) dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 84% (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V di SD Negeri Karangmulyo dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran student team achievement division berbantu media monopoli dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Masturi, MM
Uncontrolled Keywords: Student Team Achievement Division, Monopoli, Hasil Belajar PKn
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:09
Last Modified: 22 Mar 2019 02:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9344

Actions (login required)

View Item View Item