PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU KELAS IV SDN GERITAN

LESTARI NURAINI, ARI (2018) PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU KELAS IV SDN GERITAN. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (625kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (334kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (447kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (476kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (235kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (192kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (187kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Teams Games Tournament(TGT) dan menemukan peningkatan hasil belajarsiswa, aktivitas siswa dan keterampilan gurupada mata pelajaran tematik tema kayanya negeriku kelas IV SDN Geritan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Geritan dengan subjek penelitian 33 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil belajar, aktivitas siswa, dan keterampilan guru pada materi kayanya negeriku yang pada siklus I 65,02% (baik) dan siklus II 73,29% (baik), didukung dengan peningkatan aktivitas siswa pada siklus I 51% (Cukup) meningkat menjadi 63% (Baik) di siklus II. Pada keterampilan guru penerapan model TGT berbantuan media Flashcard mengalami peningkatan pada siklus I 69,80% (Baik) dan meningkat menjadi 96,10% (sangat baik) siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model TGT meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan media Flashcard pada tema kayanya negeriku kelas IV SDN Geritan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Geritan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Teams Games Tournament meningkatkan hasil belajar berbantuan media Flashcard pada tema kayanya negeriku kelas IV SDN Geritan. Disarankan dalam model TGT guru meningkatkan belajarnya sehingga materi yang disampaikan dapat dipahami dan pembelajarannya menyenangkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Teams Games Tournament, media Flashcard, Hasil Belajar, Tema Kayanya Negeriku
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:09
Last Modified: 22 Mar 2019 02:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9345

Actions (login required)

View Item View Item