Abdurrozaq, Adib (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA VIDEO ANIMASI PROKLAMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD 3 PEGANJARAN. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (461kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (166kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media video animasi proklamasi IPS. (2) Menemukan peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan diterapkan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media video animasi proklamasi pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar 3 Peganjaran Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan perubahan tingkah laku yang mencakup dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dalam Ilmu Pengetahuan Sosial yang bertujuan sebagai mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang baik. Materi yang dipakai dalam penelitian ini yaitu Proklamasi Kemerdekaan. Snowball Throwing adalah model pembelajaran yang mengaitkan interaksi antar peserta didik dari kelompok yang berbeda. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS dan terjadi penemuan peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Proklamasi berbantuan media video animasi proklamasi pada peserta didik kelas V SD 3 Peganjaran. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada peserta didik kelas V semester genap di SD 3 Peganjaran dengan subjek penelitian 24 siswa. Penelitian ini berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas adalah model Snowball Throwing berbantuan media video animasi proklamasi. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I 56,7% (cukup) menjadi 78,3% (tinggi) pada siklus II. Peningkatan nilai hasil belajar IPS pada materi proklamasi yang cukup signifikan yaitu siklus I (58,3%) dan siklus II (79,1%). Didukung dengan peningkatan afektif siswa pada siklus I 78,8% (tinggi) menjadi 82,6% (sangat tinggi) pada siklus II dan peningkatan psikomotorik siswa pada siklus I 71,56% (tinggi) menjadi 80,55% (tinggi) pada siklus II. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan model Snowball Throwing berbantuan media video animasi proklamasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 3 Peganjaran. Berdasarkan pada penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas V SD 3 Peganjaran dapat disimpulkan bahwa model Snowball Throwing berbantuan media video animasi proklamasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 3 Peganjaran. Untuk itu disarankan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing guru harus memiliki strategi yang membangun siswa agar kemampuan bertanya dapat meningkat.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | Snowball Throwing dan Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:09 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:09 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9347 |
Actions (login required)
View Item |