PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANSNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUALUNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PKn SISWA KELAS V SDN 2 KAJAR

SAADAH, NAILLI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANSNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUALUNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PKn SISWA KELAS V SDN 2 KAJAR. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (703kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (226kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (325kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (502kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (246kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (111kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (106kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan pemahaman konsep PKn siswa dengan penerapan model Snowball Throwing berbantu media Audio Visual pada materi menghargai keputusan bersama di kelas V SDN 2 Kajar tahun pelajaran 2017/2018. . Keterampilan guru adalah keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam menerapkan berbagai metode mengajar. Pemahaman konsep merupakan kemampuan peserta didik untuk menguasai dan mengungkapkan kembali materi-materi pelajaran agar lebih mengenal, mengerti, dan memahami terhadap suatu konsep tertentu. Model pembelajaran Snowball Throwing merupakan model yang digunakan untuk memberikan konsep pemahaman materi yang sulit kepada siswa serta mengetahui sejauh mana pengetahuan dan kemampuan siswa dalam memahami materi. Media pembelajaran Audio Visual adalah alat yang dapat memvisualisasikan sesuatu sekaligus memberikan pesan atau informasi melalui audio untuk meningkatkan motivasi belajar siswa materi PKn materi menghargai keputusan bersama kelas V SDN 2 Kajar. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SDN 2 Kajar dengan subjek penelitian 31 peserta didik. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Snowball Throwing berbantu media Audio Visual, sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep pada mata pelajaran PKn kelas V SDN 2 Kajar. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini terdapat peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran yang awalnya diperoleh persentase siklus I 73,90% dan mengalami peningkatan pada siklus II 90,74%. Sedangkan hasil tes pemahaman konsep siswa pada prasiklus diperoleh persentase klasikal 54,83%, siklus I 70,96%, dan siklus II 87,09%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 2 Kajar dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Snowball Throwingberbantu media Audio Visual dapat meningkatkan Pemahaman Konsep siswa pada mata pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama pada siswa kelas V SD 2 Kajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep PKn, Model Snowbal Throwing, Media Audio Visual
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:09
Last Modified: 22 Mar 2019 02:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9348

Actions (login required)

View Item View Item