PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

SOFIANNIDA, LENI (2018) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (549kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (139kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (273kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (222kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (260kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (286kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (116kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (302kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar, (2) menjelaskan pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar, (3) menganalisis perbedaan yang signifikan antara model inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal dengan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar. Model inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran inkuri dimana masalah dapat bersumber dari guru atau buku kemudian siswa menyelesaikan masalah tersebut dengan bimbingan guru secara intensif sehingga siswa tidak mudah bingung. Kearifan lokal adalah perilaku positif manusia yang berhubungan dengan alam dan lingkungan dimana ia tinggal yang memiliki potensi sebagai pembentuk karakter bangsa. Model inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal merupakan model pembelajaran inkuri dimana masalah dapat bersumber dari guru atau buku yang disesuaikan dengan lingkungan siswa kemudian siswa menyelesaikan masalah tersebut dengan bimbingan guru secara intensif sehingga siswa tidak mudah bingung. Dalam pelaksanaan model inkuri disisipkan kearifan lokal Kudus yakni Gusjigang. Kemampuan berpikir kritis merupakan kegiatan berpikir secara mendalam dengan menganalisis serta mempertimbangkan hasil pemikiran secara menyeluruh dengan memenuhi indikator yang telah ditentukan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan design pretest-posttest control group design. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus dengan sampel 4 SD. Variabel bebas adalah model inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal. Adapun variable terikat adalah kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh antara model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa tema pahlawanku kelas IV sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dengan hasil t hitung < t tabel (1,305 < 2,007) maka Ho diterima; (2) terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal pada kemampuan berpikir kritis siswa tema pahlawanku kelas IV sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dengan hasil t hitung > t tabel (2,077 > 1,993) maka Ha diterima; (3) model inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal lebih efektif dari pada model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa tema pahlawanku IV sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dengan hasil t hitung > t tabel (2,757 > 2,002) maka Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa tema pahlawanku kelas IV sekolah dasar, terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal pada kemampuan berpikir kritis siswa tema pahlawanku kelas IV sekolah dasar dan model inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal lebih efektif dari pada model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis tema pahlawanku kelas IV sekolah dasar. Adapun saran yang diberikan yakni guru diharapkan menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal agar siswa terbiasa untuk berpikir kritis.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Terbimbing, Kearifan Lokal, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:09
Last Modified: 22 Mar 2019 02:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9353

Actions (login required)

View Item View Item