PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SD 1 PRAMBATAN LOR

AYU MIRUNGGAN SARI, DINAR (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SD 1 PRAMBATAN LOR. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (367kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (234kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (397kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Published Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (419kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (249kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (136kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (140kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan model Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) tema 8 daerah tempat tinggalku pada kelas IV di SD 1 Prambatan Lor. Pada penelitian ini peneliti mengambil muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia. Hasil belajar merupakan suatu perubahan pada individu dalam proses pembelajaran dengan tiga ranah atau tiga dimensi yaitu ranah pengetahuan, ranah sikap, dan ranah keterampilan. Model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) merupakan model pembelajaran dengan menggunakan tiga gaya belajar siswa yaitu dengan visual (gambar), auditori (bunyi), dan kinestetik (gerak). Dalam proses pembelajaran ini dibantu dengan permainan Sunda Manda. Sunda manda biasanya disebut dengan engklek. Peneliti ini mengambil tema 8 daerah tempat tinggalku dan dua subtema yaitu subtema 1 lingkungan tempat tinggalku dan subtema 2 keunikan daerah tempat tinggalku. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa dengan model Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) tema 8 daerah tempat tinggalku kelas IV SD 1 Prambatan Lor. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Tahap tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dilaksanakan di kelas IV SD 1 Prambatan lor dengan subjek penelitian 37 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) dan variabel terikat dari penelitian ini adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tes uraian. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan. Pada siklus I muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebesar 70,27% sedangkan pada muatan Bahasa Indonesia sebesar 67,57%. Siklus II muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebesar 91,89% sedangkan Bahasa Indonesia sebesar 86,49%. Hasil belajar siswa pada ranah sikap di siklus I 61,98% dan siklus II 80,00%. Pada hasil belajar siswa pada ranah keterampilan di siklus I sebesar 61,62% dan siklus II sebesar 79,57%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 1 Prambatan Lor dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) dapat meningkatan hasil belajar siswa pada tema 8 daerah tempat tinggalku muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Indonesia. Saran bagi guru untuk merencanakan dan mempersiapkan dengan matang dalam penggunaan model Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK).

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Imaniar Purbasari S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK), Sunda Manda, IPS dan Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:09
Last Modified: 22 Mar 2019 02:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9354

Actions (login required)

View Item View Item