PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARANTALKING STICK SISWA KELAS V SD 1 NGIYONO

RAHAYU, LINDA (2018) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARANTALKING STICK SISWA KELAS V SD 1 NGIYONO. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (462kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (202kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (400kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (437kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (332kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (120kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (245kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpeningkatanprestasibelajarranahkognitif,afektif, danpsikomotorsiswamelalui model pembelajaranTalking Stickpadamatapelajaran IPS ProklamasiKemerdekaan Indonesia Kelas V SD 1 Ngiyono. Prestasibelajaradalahkompetensisiswadalamsuatumatapelajaranbaikdarisegikognitif, afektif, danpsikomotor yang didapatkansetelahmempelajarimateridanmelakukanevaluasiberupasoal-soaldenganbobotnilai yang telahditentukan. Prestasibelajarsiswatersebutdapatdinyatakandalambentukangkamaupunhuruf. Model Talking Stick termasuksalahsatu model pembelajarankooperatifdimana guru memberikantongkatkepadasiswauntuk di putarsecarabergiliran sambil bernyanyi, kemudiansiswa yang memegangtongkatsetelah guru mengatakan Stop, makasiswatersebutharusmenjawabpertanyaan yang diberikanoleh guru. Materi IPS yang di kajidalam materiProklamasiKemerdekaan Indonesia. Hipotesistindakandalampenelitianiniadalahpeningkatanprestasibelajarranahkognitif, afektif, danpsikomotorpadamatapelajaran IPS materiProklamasiKemerdekaan Indonesia siswakelas V SD1 Ngiyono. Penelitiantindakankelasinidilaksanakandikelas V SD 1 Ngiyonodengansubjekpenelitian 16 siswa. Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus yang menggunakandesainKemmisdanMc.Tagartdenganmelaluiempattahapanperencanaan, pelaksanaan, pengamatanan, danrefleksi. Variabel bebasdalampenelitianiniadalahprestasibelajarranahkognitif, afektif, danpsikomotor IPS siswakelas V SD 1 Ngiyono. Metodepengumpulan data meliputiobservasi, wawancara, tes, dandokumentasi. Analisis data yang digunakanmerupakan data kuantitatifdan data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD 1 Ngiyono pada materi Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang cukup signifikan. Hasil belajar ranah kognitif siklus I memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 62,5% dan siklus II memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 87,5%. Hasil belajar ranah afektif siklus I sebesar 70,45% dengan kualifikasi baik dan siklus II sebesar 90,75% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar ranah psikomotor siklus I sebesar 65% dengan kualifikasi baik dan siklus II sebesar 89,1% dengan kualifikasi sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada kelas V SD 1 Ngiyono.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Ika Oktavianti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: PrestasiBelajar, Talking Stick, IPS.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:10
Last Modified: 22 Mar 2019 02:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9358

Actions (login required)

View Item View Item