PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARANTALKING STICK SISWA KELAS V SD 1 NGIYONO

RAHAYU, LINDA (2018) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARANTALKING STICK SISWA KELAS V SD 1 NGIYONO. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (462kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpeningkatanprestasibelajarranahkognitif,afektif, danpsikomotorsiswamelalui model pembelajaranTalking Stickpadamatapelajaran IPS ProklamasiKemerdekaan Indonesia Kelas V SD 1 Ngiyono. Prestasibelajaradalahkompetensisiswadalamsuatumatapelajaranbaikdarisegikognitif, afektif, danpsikomotor yang didapatkansetelahmempelajarimateridanmelakukanevaluasiberupasoal-soaldenganbobotnilai yang telahditentukan. Prestasibelajarsiswatersebutdapatdinyatakandalambentukangkamaupunhuruf. Model Talking Stick termasuksalahsatu model pembelajarankooperatifdimana guru memberikantongkatkepadasiswauntuk di putarsecarabergiliran sambil bernyanyi, kemudiansiswa yang memegangtongkatsetelah guru mengatakan Stop, makasiswatersebutharusmenjawabpertanyaan yang diberikanoleh guru. Materi IPS yang di kajidalam materiProklamasiKemerdekaan Indonesia. Hipotesistindakandalampenelitianiniadalahpeningkatanprestasibelajarranahkognitif, afektif, danpsikomotorpadamatapelajaran IPS materiProklamasiKemerdekaan Indonesia siswakelas V SD1 Ngiyono. Penelitiantindakankelasinidilaksanakandikelas V SD 1 Ngiyonodengansubjekpenelitian 16 siswa. Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus yang menggunakandesainKemmisdanMc.Tagartdenganmelaluiempattahapanperencanaan, pelaksanaan, pengamatanan, danrefleksi. Variabel bebasdalampenelitianiniadalahprestasibelajarranahkognitif, afektif, danpsikomotor IPS siswakelas V SD 1 Ngiyono. Metodepengumpulan data meliputiobservasi, wawancara, tes, dandokumentasi. Analisis data yang digunakanmerupakan data kuantitatifdan data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD 1 Ngiyono pada materi Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang cukup signifikan. Hasil belajar ranah kognitif siklus I memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 62,5% dan siklus II memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 87,5%. Hasil belajar ranah afektif siklus I sebesar 70,45% dengan kualifikasi baik dan siklus II sebesar 90,75% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar ranah psikomotor siklus I sebesar 65% dengan kualifikasi baik dan siklus II sebesar 89,1% dengan kualifikasi sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada kelas V SD 1 Ngiyono.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Ika Oktavianti, M.Pd
Kata Kunci: PrestasiBelajar, Talking Stick, IPS.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 22 Mar 2019 02:10
Last Modified: 22 Mar 2019 02:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9358

Actions (login required)

View Item View Item