PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 2 TERBAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KERANG AJAIB

LESTIYANI PUTRI, EVY (2018) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 2 TERBAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KERANG AJAIB. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (642kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (149kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (490kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Published Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (459kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (286kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (117kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (123kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model discovery learning berbantuan media kerang ajaib untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa kelas IV SD 2 Terban pada materi bilangan bulat. Penelitiantindakankelas(PTK)dilaksanakandikelasIVSD 2 Terbandengansubjek penelitian 26siswa dan peneliti sebagai guru.Penelitianberlangsung selamaduasiklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapanyaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas padapenelitian ini adalah modeldiscovery learningberbantuan kerang ajaib,sedangkanvariabelterikat adalah pemahaman konsep matematika, keterampilan guru mengajar dan aktivitas belajar siswa. Teknikanalisisdatayang digunakan dalam penelitian iniyaknianalisisdatakuantitatif dan kualitatif. Hasiltespemahamankonsepyang menunjukkanadanyapeningkatandari siklusI denganskorrata-rata69,11(ketuntasanklasikal65,38%) kesiklusII meningkatmenjadi75(ketuntasanklasikal85%).Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran padasiklusImendapatkan skor rata-rata 72denganpredikat cukupbaikdan meningkat padasiklusIImenjadi 83dengan predikat baik.Aktivitas belajarsiswa padasiklus Iskorrata-rata67denganpredikat cukup baikmeningkatpadasiklus II menjadi 85dengan predikat baik. Simpulandarihasilpenelitian,bahwa penerapanmodeldiscoverylearning berbantuanmedia kerang ajaibdapatmeningkatkanpemahaman konsepsiswa, keterampilan guru mengajar, dan aktivitas belajar siswakelasIV SD 2 Terban. Guru sebaiknya menerapkan model pembelajaran discovery learningpada mata pelajaran matematika, agar siswa mampu menemukan konsep sendiri dengan melakukan percobaan pada saat pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Henry Suryo Bintoro, S.Pd
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning,Kerang Ajaib, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:10
Last Modified: 22 Mar 2019 02:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9359

Actions (login required)

View Item View Item