LESTIYANI PUTRI, EVY (2018) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 2 TERBAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KERANG AJAIB. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version Download (642kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (490kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (123kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model discovery learning berbantuan media kerang ajaib untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa kelas IV SD 2 Terban pada materi bilangan bulat. Penelitiantindakankelas(PTK)dilaksanakandikelasIVSD 2 Terbandengansubjek penelitian 26siswa dan peneliti sebagai guru.Penelitianberlangsung selamaduasiklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapanyaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas padapenelitian ini adalah modeldiscovery learningberbantuan kerang ajaib,sedangkanvariabelterikat adalah pemahaman konsep matematika, keterampilan guru mengajar dan aktivitas belajar siswa. Teknikanalisisdatayang digunakan dalam penelitian iniyaknianalisisdatakuantitatif dan kualitatif. Hasiltespemahamankonsepyang menunjukkanadanyapeningkatandari siklusI denganskorrata-rata69,11(ketuntasanklasikal65,38%) kesiklusII meningkatmenjadi75(ketuntasanklasikal85%).Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran padasiklusImendapatkan skor rata-rata 72denganpredikat cukupbaikdan meningkat padasiklusIImenjadi 83dengan predikat baik.Aktivitas belajarsiswa padasiklus Iskorrata-rata67denganpredikat cukup baikmeningkatpadasiklus II menjadi 85dengan predikat baik. Simpulandarihasilpenelitian,bahwa penerapanmodeldiscoverylearning berbantuanmedia kerang ajaibdapatmeningkatkanpemahaman konsepsiswa, keterampilan guru mengajar, dan aktivitas belajar siswakelasIV SD 2 Terban. Guru sebaiknya menerapkan model pembelajaran discovery learningpada mata pelajaran matematika, agar siswa mampu menemukan konsep sendiri dengan melakukan percobaan pada saat pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Henry Suryo Bintoro, S.Pd |
Kata Kunci: | Discovery Learning,Kerang Ajaib, Pemahaman Konsep |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:10 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:10 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9359 |
Actions (login required)
View Item |