ANANDA MAHARANI, FEBI (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS V SD 5 PUYOH KUDUS. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (376kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (60kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (116kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar PKn dengan menerapkan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu bergambar pada materi kebebasan berorganisasi kelas V SD 5 Puyoh tahun pelajaran 2017/2018 . Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 5 Puyoh Kudus dengan subjek penelitian 25 siswa dan guru, yang berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran make a match, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn materi kebebasan berorganisasi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model make a match dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase sebesar 82,81% dengan kriteria baik dan meningkatbpada siklus II mencapai persentase 91,14% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar PKn juga mengalami peningkatan pada ranah kognitif dilihat dari nilai pra siklus diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 44% dengan kriteria sedang. Kemudian pada siklus I memperoleh persentase klasikal 64% dengan kriteria tinggi dan meningkat pada siklus II mencapai 84% dengan kriteria sangat tinggi. Hasil belajar PKn ranah afektif pada siklus I memperoleh persentase klasikal 69,2% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II mencapai 89,6% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar PKn ranah psikomotor pada siklus I memperoleh persentase klasikal sebesar 67,04% dengan kriteria baik dan peningkatan pada siklus II mencapai 87,84% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 5 Puyoh Kudus dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa khususnya pada mata pelajaran PKn.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Santoso, M.Pd |
Kata Kunci: | Hasil Belajar PKn, Make A Match, Materi Kebebasan Berorganisasi |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:10 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:10 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9361 |
Actions (login required)
View Item |