UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS V SD 5 PUYOH KUDUS

ANANDA MAHARANI, FEBI (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS V SD 5 PUYOH KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (376kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (137kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (239kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (322kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (138kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (60kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (116kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar PKn dengan menerapkan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu bergambar pada materi kebebasan berorganisasi kelas V SD 5 Puyoh tahun pelajaran 2017/2018 . Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 5 Puyoh Kudus dengan subjek penelitian 25 siswa dan guru, yang berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran make a match, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn materi kebebasan berorganisasi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model make a match dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase sebesar 82,81% dengan kriteria baik dan meningkatbpada siklus II mencapai persentase 91,14% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar PKn juga mengalami peningkatan pada ranah kognitif dilihat dari nilai pra siklus diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 44% dengan kriteria sedang. Kemudian pada siklus I memperoleh persentase klasikal 64% dengan kriteria tinggi dan meningkat pada siklus II mencapai 84% dengan kriteria sangat tinggi. Hasil belajar PKn ranah afektif pada siklus I memperoleh persentase klasikal 69,2% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II mencapai 89,6% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar PKn ranah psikomotor pada siklus I memperoleh persentase klasikal sebesar 67,04% dengan kriteria baik dan peningkatan pada siklus II mencapai 87,84% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 5 Puyoh Kudus dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa khususnya pada mata pelajaran PKn.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Santoso, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PKn, Make A Match, Materi Kebebasan Berorganisasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:10
Last Modified: 22 Mar 2019 02:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9361

Actions (login required)

View Item View Item