PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI MELALUI PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING DI KELAS IVSDN 5 TEMULUS KUDUS

FATMAWATI, ULYA (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI MELALUI PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING DI KELAS IVSDN 5 TEMULUS KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (346kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (208kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (393kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (479kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (212kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (121kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (190kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuanmeningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Snowball Throwingpada mata pelajaran PKn materi globalisasi pada siswa kelas IV SDN 5 Temulus Kudus.Model Snowball Throwing merupakan model pembelajaran kooperatif yang diterapkan dengan melempar segumpalan kertas untuk menunjuk siswa menjawab soal dari guru sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsug lebih menyenangkan. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa yang dilihat dari aspek kognitif (pengetahuan), afektif (keterampilan sikap), maupun psikomotorik (keterampilan dalam bertindak) setelah mengikuti pembelajaran. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model Snowball Throwingpada kelas IV SD 5 Temulus Kudus dapat meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN5 Temulus Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Snowball Throwing, sedangkan variabel terikatnya hasil belajar PKn materi globalisasi. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan penggunaan model snowball throwing dapat meningkatkan keterampilan guru pada siklus I ke siklus II, dari presentase 77,45% menjadi 85,35%. Aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari presentase 67,35% menjadi 72,8%, hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 60% menjadi 90%. Pada ranah afektif juga meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 60,4% menjadi 69,75%, ranah psikomotorik meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 55,05% menjadi 71,31%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 5 Temulus dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pada penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat merangsang siswa agar bersemangat dalam mengikuti pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PKn.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Hasil Belajar PKn
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:10
Last Modified: 22 Mar 2019 02:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9364

Actions (login required)

View Item View Item