PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGUMUMAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA POP UP DUA DIMENSI PADA SISWA KELAS IV SDN 6 PECANGAAN JEPARA

Muhimmatul Ulya, Putri (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGUMUMAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA POP UP DUA DIMENSI PADA SISWA KELAS IV SDN 6 PECANGAAN JEPARA. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (325kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (468kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (584kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (213kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (193kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (295kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Talk Writedalam meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis pengumuman siswa kelas IV SDN 6 Pecangaan Jepara. Menulis merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menuangkan ide atau pikiran kedalam bentuk tulisan, menulis harus mampu merangkai kata yang tepat agar pembaca mudah untuk memahami dan mengetahui isi dari tulisan tersebut, seperti menulis pengumuman merupakan informasi yang ditujukan untuk umum, bersifat umum dan terbuka, informasi dapat disampaikan melalui media masa, internet, papan pengumuman, dll. Model Think Talk Writeadalah model pembelajaran yang menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran karena mereka berdiskusi tentang masalah yang mereka hadapi.Pop Upadalah media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mempermudah serta membantu guru dalam menjelaskan materi. Penelitian tindakan kelas dilakukan pada kelas IV SDN 6 Pecangaan Jepara dengan subjek penelitian 23 siswa.Penelitian tindakan kelas dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus ada 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model Think Talk Writedan Media pop up dua dimensi, sedangkan variabel terikatnya keterampilan menulis pengumuman. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan siswa dalam menulis pengumuman menggunakan model think talk write berbantuan media pop up dua dimensi, pada prasiklus mencapai rata-rata 26% dengan kategori rendah, siklus I mencapai 30% dengan kategori rendah, dan pada siklus II mencapai 87% dengan kategori sangat tinggi. Selain adanya peningkatan keterampilan menulis juga terdapat peningkatan keterampilan guru dan aktivitas belajar siswa.Rata-rata keterampilan guru mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 47.5% dengan kategori sedang, sedangkan pada siklus II mencapai 62.5% dengan kategori tinggi.Pada aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 62.5% dengan kategori tinggi, pada siklus II meningkat menjadi 81.25% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Think Talk Writeberbantuan media pop up dua dimensi dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan siswa menulis pengumuman.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Mila Roysa, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Pengumuman, Think Talk Write, Pop Up dua Dimensi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 02:57
Last Modified: 04 Jan 2019 02:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9366

Actions (login required)

View Item View Item