PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTU PETA KONSEP PADA SIKAP ILMIAH SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

YANUAR PUTRA, DHENNIS (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTU PETA KONSEP PADA SIKAP ILMIAH SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (bab 2) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang (1) menemukan pengaruh Model Contextual Teaching and Learning pada sikap ilmiah siswa kelas IV sekolah dasar; (2) menemukan pengaruh Model Contextual Teaching and Learning berbantu peta konsep pada sikap ilmiah siswa kelas IV sekolah dasar; (3) menganalisis perbedaan yang signifikan antara Model Contextual Teaching and Learning dengan Model Contextual Teaching and Learning berbantu peta konsep pada sikap ilmiah siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis Eksperimen. Metode yang digunakan eksperimen ini adalah True Experimental Design dengan rancangan kelompok Posttest-Only Control Group Design. Sampel yang diambil peneliti adalah tiga kelas yaitu kelas kontrol, kelas ekperimen 01, dan kelas eksperimen 02 dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik observasi, angket dan dokumentasi. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan Uji t- test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Hasil analisis data menyatakan thitung>t tabel (2,664 > 2,024), maka Ha diterima; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu Peta Konsep pada Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Hasil analisis data menyatakan thitung>ttabel (4,469 >2,032); (3) Terdapat pebedaan antara Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu Peta Konsep pada Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, namun tidak signifikan. Hasil analisis data menyatakan thitung>ttabel (2,138 > 2,032)., maka Ha diterima. Namun hasil signifikannya memperoleh angka 0,40>0,025.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Santoso, M.Pd
Uncontrolled Keywords: CTL , Peta Konsep, Sikap Ilmiah
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:11
Last Modified: 22 Mar 2019 02:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9374

Actions (login required)

View Item View Item