KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MATERI BILANGAN BULAT BERBANTUAN MISTAR BILANGAN KELAS IV SDN 2 TENGGELES

DWI PRATIKAWATI, ERLINA (2018) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MATERI BILANGAN BULAT BERBANTUAN MISTAR BILANGAN KELAS IV SDN 2 TENGGELES. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal; judul) - Accepted Version
Download (810kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (262kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (606kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (588kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (213kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (225kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (173kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil kemampuan berpikir kritis dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving pada mata pelajaran matematika materi bilangan bulat, seperti penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, kemampuan berpikir kritis dengan diterapkannya model pembelajaran Creative Problem Solving pada siswa kelas IV SDN 2 Tenggeles dapat meningkat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan media pembelajaran mistar bilangan, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis matematis, aktivitas belajar siswa, keterampilan guru, materi bilangan bulat. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan media mistar bilangan meningkat disetiap siklus. Rata-rata skor keterampilan guru mengelola kelas siklus I yaitu 3,8 dengan kriteria sangat baik dan meningkat pada siklus II menjadi 3,89 dengan kriteria sangat baik. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 2,86 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 3,25 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan persentase ketuntasan hasil kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada prasiklus yaitu 45% dengan kriteria kurang, kemudia setelah dilakukan penelitian siklus I menjadi 70% dengan kriteria tinggi dan meningkat pada siklus II menjadi 85% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan media pembelajaran mistar bilangan dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis pada pelajaran matematika materi bilangan bulat kelas IV SDN 2 Tenggeles. Saran dalam penelitian ini adalah guru harus berusaha meningkatkan pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif, menggunakan media dan sumber belajar yang beragam. Untuk siswa harus lebih bersemangat dan rajin dalam mengikuti pembelajaran terutama pada pembelajaran matematika

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis, Bilangan Bulat, Media Mistar Bilangan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:11
Last Modified: 22 Mar 2019 02:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9376

Actions (login required)

View Item View Item